8 Tips Cara Menabung Setelah Terima Gaji

Halo sahabat sekalian, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga tetap baik-baik saja ya, Amin.  Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan berbagi artikel yang membahas tentang “8 Tips Cara Menabung Setelah Terima Gaji”. Topik ini saya ambil karena sekarang ini banyak orang yang berusaha menabung namun selalu gagal karena berbagai faktor. Oleh karena itu pada artikel kali ini ada 8 Tips yang bisa anda terapkan jika anda ingin menabung dengan benar. Banyak orang yang setiap kali menerima gaji uangnya langsung habis. Apakah benar menabung itu sulit?

Dulu saat di sekolah kita sering dinasehati oleh guru kita untuk rajin menabung. Guru juga mengajarkan kepada kita tentang sebuah pepatah yang berbunyi “Hemat Pangkal Kaya”. Namun di dalam prakteknya kok sulit sekali ya merealisasikannya. Apalagi kebanyakan orang Indonesia bersifat konsumtif. Lihat saja saat tanggal muda, pasti mal-mal dan pasar-pasar dibanjiri oleh pembeli. Bahkan jauh-jauh hari orang sudah memiliki planning yang pasti untuk membeli ini dan itu yang terkadang tidak masuk diakal. Apakah itu dilarang? Jawabannya tentu saja tidak.

Baca Juga :
5 Solusi Agar Gaji Tidak Cuma Numpang Lewat
Gaji Naik Jadi 2 Digit, Lakukanlah 5 Langkah Berikut Supaya Hidup Anda Lebih Baik dan Tertata 
Jika yang anda beli itu barang yang anda butuhkan sih tidak masalah, namun bagaimana jika barang yang kita beli itu belum kita butuhkan, bahkan ada yang beli karena hanya ingin ikut-ikutan teman saja. Nah, mulai sekarang pikirkan dulu sebelum anda membelanjakan uang anda. Tanya pada diri anda sendiri, apakah anda memang benar-benar membutuhkannya. Pikirkan juga bagaimana seandainya uang anda habis sebelum waktu gajian tiba? Bukankah nanti anda akan pusing sendiri? Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang masalah uang gaji. Membahas bagaimana cara mengelola gaji supaya tidak cepat habis. Judul artikel saya kali ini tentang 8 Tips Cara Menabung Setelah Terima Gaji”.
1. Buatkan Pos Pemasukan dan Pos Pengeluaran

Cobalah untuk memanfaatkan handphone anda dengan aplikasi notes, sebab kemanapun anda pergi selalu membawa handphone. Sebagai alarm harian biasanya catatan handphone cukup ampuh dan tentunya tidak boros.

2. Jangan Memprioritaskan Keinginan, Tapi Prioritaskan Kebutuhan

Saat anda bepergian ke pusat perbelanjaan dengan teman-teman anda, terkadang anda tidak sadar membeli apa saja yang disuka yang ada di depan mata, padahal sebenarnya anda belum butuh. Membeli suatu barang yang memang kita inginkan memang bukan kesalahan, namun hal ini jangan jadi kebiasaan rutin anda. Sebab pada dasarnya, barang-barang tersebut hanya bisa menyenangkan anda sesaat saja.

3. Banyak-Banyak Beramal

Hampir semua agama menganjurkan pemeluknya untuk berbagi, tidak cuma akan bermanfaat bagi orang lain melainkan juga bagi yang memberi. Anda harus menjadikan amal sebagai salah satu ladang tabungan, khususnya di akhirat kelak.

4. Simpanlah Uang Receh Kalian Di Dalam Celengan

Siapa bilang uang 500 rupiah tidak berguna? Memang uang 500 rupiah tidak bisa dipakai untuk membeli barang yang mahal, namun kalau kita mau menyimpannya dengan konsisten, bukan tidak mungkin uang tersebut semakin banyak jumlahnya dan bisa dipakai untuk membeli barang-barang yang kita inginkan.

5. Milikilah Dua Rekening Tabungan atau Lebih   

Disaat anda sudah mulai berkomitmen untuk menabung, maka sebaiknya anda memiliki dua rekening tabungan yang berbeda. Rekening pertama untuk pengeluaran sehari-hari. Sedangkan rekening yang kedua dan seterusnya bisa untuk tabungan dan kebutuhan sekunder lainnya. Kalau perlu pakailah rekening yang khusus untuk taungan tanpa menggunakan ATM serta potongan biaya admin seperti bank syariah.

6. Tentukanlah Target Bulanan Anda

Untuk menetapkan target, pastikan terlebih dahulu pengeluaran bulanan anda tidak melebihi 30% hinga 50% saja. Tujuan menetapkan target menabung adalah untuk memudahkan pengaturan pengeluaran. Anda harus bisa menentukan berapa anggaran untuk memenuhi kebutuhan pokok dan berapa anggaran untuk menabung.

7. Bersikap Bijaklah di Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Memang benar bahwa kartu kredit akan memudahkan anda dalam bertransaksi terutama bila membeli barang-barang yang harganya cukup mahal. Kemudahan ini terasa semakin nyata ketika banyak kartu kredit yangmulai menawarkan program-program dengan cicilan 0% di beberapa pusat perbelanjaan. Akan tetapi anda sebaiknya jangan mudah tergiur dengan promosi tersebut, karena anda harus tetap bersikan dalam pemakaiannya supaya anda tidak mengalami masalah di kemudian hari.

8. Tetapkanlah Jumlah Uang Yang Ingin Anda Tabungkan Setiap Bulan, Bukan Dari Sisa Gaji

Kebanyakan dari karyawan yang telah menerima gaji akan menggunakan uang gajinya untuk membeli berbagai macam kebutuhan sehari-hari ataupun untuk membayar beberapa tagihan, lalu sisanya akan ditabungkan. Akar pengeluaran yang anda rencanakan bisa ditekan, disarankan anda untuk menabung lebih awal setelah anda menerima gaji. Setelah itu barulah anda bisa menggunakan sisanya untuk kebutuhan lainnya.

Demikianlah artikel singkat yang berjudul “8 Tips Cara Menabung Setelah Terima Gaji” ini. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan penulis sendiri. Jadi kesimpulannya menabung itu tidak terlalu sulit bukan? Mulai sekarang anda bisa mencobanya dan anda bisa merasakan sendiri manfaat darinya. Terima kasih banyak telah berkunjung ke blog saya ini. Sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya yang lebih menarik.


EmoticonEmoticon