Mesin Yang Kotor Berdebu Bisa Membuat Komputer Mati

Halo sahabat semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Tentu baik-baik saja bukan. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin berbagi artikel pengalaman saya pribadi tentang ‘Mesin Yang Kotor Berdebu Bisa Membuat Komputer Mati’. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya pribadi. Siapa yang tidak stres kalau alat penunjang jadi seorang blogger milik saya rusak. 
Alat penunjang yang saya maksud disini adalah Komputer saya. Pagi itu adalah hari Sabtu, dimana pada hari Sabtu dan Minggu saya sedang libur kerja. Namun apa hendak dikata, saya pagi-pagi saya hendak buka komputer untuk membuat artikel terbaru, eh ternyata komputer saya tidak bisa menyala. Justru dari dalam Komputer saya keluar suara seperti token listrik kalau sedang habis.

Baca Juga :
6 Tips Menjaga Smartphone Agar Tidak Mudah Rusak
Inilah Caranya Mengisi Daya Baterai Dengan Cepat

Tentu saja awalnya saya cukup panik karena saya khawatir kalau komputer saya rusak. Namun tidak butuh waktu saya untuk berfikir, sayapun teringat bahwa saya dulu pernah mengalami kejadian seperti ini saat dikantor. Oleh karena itu saya langsung tahu kenapa bisa berbunyi seperti itu. Biasanya komputer yang berbunyi secara continue itu diakibatkan kotornya bagian dalam mesin pada komputer.

Karena memang selama ini komputer semenjak beli, saya belum membersihkannya. Tanpa berlama-lama sayapun langsung mengambil obeng dan kuas kemudian komputer siap untuk dibongkar. Pembongkaran saya lakukan di belakang rumah, karena memang saat itu masih sangat panas. Sehingga saya mencari tempat yang agak teduh untuk membesihkan mesin.

Sebagai informasi, komputer merek Hewlett-Packard (HP), menggunakan Windows 7 Professional, Processor Inter Core 2 Duo, CPU 2.93 GHz, memory RAM 2,00 GB, System type 32-bit Operating System. Setelah saya buka casing menggunakan obeng, ternyata benar saja, di dalamnya kotor sekali dan banyak jaring laba-labanya. Pembersihanpun dimulai dengan menggunakan kuas.

Supaya bersihnya bisa merata, beberapa kabel saya copot, dan bagian power suply juga saya bongkar lalu saya bersihkan. Sebenarnya sih ini pekerjaan mudah, tapi kadang rasa malasnya yang mengakibatkan saya kurang telaten untuk melihat dan memperhatikan kondisi komputer. Sekitar setengah jam sudah saya membersihkan komputer saya.Lalu saya kembalikan lagi kabel-kabel yang saya copot dan saya posisikan lagi bagian-bagian mesin seperti sedia kala dan saya akhiri dengan menutup casing menggunakan obeng.

Agar tampak bersih lagi, sayapun menggunakan kain lap untuk membersihkan casing yang juga berdebu. Tuntas sudah pekerjaan saya membersihkan mesin komputer dan tinggal pengetesan saja.Saat dilakukan pengetesan akhirnya komputer bisa menyala dan suara bunyi sudah tidak ada lagi. Berarti dugaan saya benar kan, kalau masalah bunyi pada komputer itu dikarenakan mesin komputer yang berdebu atau kotor.

Demikianlah artikel singkat dari saya tentang ‘Mesin Yang Kotor Berdebu Bisa Membuat Komputer Mati’, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan jika anda mengalami masalah yang sama anda bisa mempraktekkan apa yang sudah saya praktekkan. Terima kasih banya telah berkunjung ke blog saya ini.

 



EmoticonEmoticon