6 Trik Berikut Membantu Pindahan Rumah Anda Terprogram Dengan Baik

Apakah anda sudah menemukan rumah yang tepat untuk anda tinggali? Jika sudah, saatnya anda mempersiapkan segala sesuatunya untuk memboyong seluruh isi rumah anda dari rumah lama ke rumah yang baru. Baik anda menggunakan jasa movers yang profesional maupun memanfaatkan jasa teman dan kerabat untuk melaksanakannya. Pasalnya, pindahan rumah itu bisa dibilang susah-susah gampang. 


Kalau tindakan ini tidak dilaksanakan dengan perencanaan yang matang, bukan mustahil pindahan rumah anda nantinya bisa sangat merebotkan anda. Terlebih-lebih kalau anda mempunyai banyak barang yang harus diangkut dari tempat yang lama menuju tempat yang baru. Oleh karena itu, agar proses pindah rumah tidak membikin bete, disini akan diberikan 6 trik yang membuat segala sesuatunya nanti terasa ringan. Kita akan memulai dari perencanaan bahkan dari dua bulan sebelum anda pindahan.

Baca Juga :
Menempati Rumah Baru Yang Sudah Lama Saya Idam Idamkan
5 Tips Agar DP Rumah Cepat Terkumpul 

1. Dua Bulan Sebelumnya

Ajukanlah cuti anda kepada tempat anda bekerja, dengan syarat kalau pindahan anda akan dilaksanakan pada hari kerja. Bila anak anda sudah sekolah, pastikan terlebih dahulu semua urusan administrasinya dengan sekolah lamanya tuntas semua, baik itu dari sekaloh lama sampai dengan sekolah yang baru nanti. Persiapkan beberapa kardus bekas sebagai tempat penyimpanan barang-barang anda atau pengepakan. Pindahan ke rumah yang baru tentunya akan jadi awal yang menyenangkan, dan disinilah kesempatan anda untuk membuang barang-barang lama yang tidak perlu terutama yang tidak lagi digunakan di waktu yang akan datang.

2. Lima Sampai Enam Minggu Sebelumnya

Di saat-saat ini banyak sekali perusahaan yang bergerang di bidang jasa pengangkutan barang, khususnya yang bisa membantu proses pindahan seseorang. Kalau memungkinkan, anda bisa memanfaatkan jasa ini untuk mempermudah proses pindahan anda. Apakah disaat membeli rumah anda juga menyertakan asuransi proteksi pada rumah anda? Periksalah lagi apakah resiko-resiko yang akan dicover oleh asuransi tersebut dan tanyakan kapan mulai berlakunya.

3. Tiga Sampai Empat Minggu Sebelumnya

Mulailah mencari paket internet atau televisi kabel di tempat tinggal anda yang baru. Butlah daftar perabutan yang yang perlu dibeli saat anda berada di rumah yang baru. Cari info-info promo atau berbagai diskon toko perabotan rumah tangga supaya pengeluaran anda bisa lebih ditekan lagi. Saat mencari perabotan, khususnya barang-barang elektronik, pilihlah yang sesuai dengan daya listrik yang terpasang di meteran listrik rumah anda yang baru.

4. Satu Sampai Dua Minggu Sebelumnya

Sediakan satu kardus khusus yang isinya berbagai barang yang mungkin akan anda perlukan pada hari pertama pindah. Barang-barang tersebut antara lain bisa baju ganti, seprai tempat tidur, alat masak, alat pembuat kopi, teh, piring, sendok, garpu, kotak p3k, kertas dan pena, alat-alat mandi, serta charger handphone serta handuk. Barilah informais kepada pihak bank, asuransi, perusahaan kartu kredit serta perusahaan televisi kabel tentang alamat baru anda. Hal ini supaya mereka bisa tahu kalau-kalau nantinya mereka akan mengirimkan sesuatu ke alamat anda. Segera tutup berlangganan koran anda jika anda memang berlangganan koran.

5. Satu Hari Sebelumnya

Segera bersihkan secara kilat saat anda sudah memindahkan barang-barang yang bisa mengakibatkan lantai jadi kotor. Bulakalah seprai tempat tidur anda. Perhatikan kembali keadaan tempat tinggal anda yang lama, siapa tahu ada barang-barang yang tertinggal atau lupa anda masukkan. Periksalah lagi kunci tempat tinggal anda yang baru, lalu lakukan duplikat kunci supaya anda punya cadangan.

6. Hari H Pindahan

Piriksa meteran listrik anda dan simpanlah catatan tersebut dengan baik. Sebelum anda meninggalkan rumah yang lama, periksa keadaan jendela rumah, dan jangan lupa memastikan seluruh peralatan listrik dan juga gas sudah dimatikan seluruhnya. Saat anda memakai jasa pemindah barang, pastikan anda sampai lebih dulu di tempat tinggal anda yang baru. Pastikan juga bagaimana jasa tersebut mamasukkan seluruh barang-barang anda ke dalam rumah.


EmoticonEmoticon