5 Tips Agar DP Rumah Cepat Terkumpul

Siapa sih yang tidak ingin punya rumah? Bagi anda yang masih ngontrak ataupun numpang dengan orangtua, pastinya ingin sekali mempunyai rumah sendiri. Tentunya anda malu bukan kalau terus-terusan jadi kontraktor atau nebeng terus sama orangtua. Memiliki rumah sendirinya merupakan suatu kebanggaan setiap orang. Sedangkan orang yang sudah punya rumah masih berhasrat untuk memiliki rumah yang kedua. Bahkan tidak hanya ingin satu rumah lagi, tapi ingin rumah sebanyak mungkin. Orang yang pola pikirnya seperti ini biasanya tipe orang yang suka berinvestasi, orang-orang yang berhasrat besar untuk menambah asset. Dimana dari asset tersebut akan dijadikan sumber pemasukan tambahan selain gaji pokok. Makanya jangan heran kalo orang yang memiliki bisnis properti seperti ini makin lama akan makin kaya.


Namun, untuk mewujudkan impian seperti ini bukanlah perkara yang mudah. Butuh perjuangan ekstra keras dan fokus demi mencapai cita-citanya. Bermacam langkah tentunya harus dilakukan agar penghasilan anda bisa terkumpul sedikit demi sedikit. Hal ini perlu dilakukan bila anda ingin menggapai impian anda memperoleh rumah. Sudah banyak contoh orang-orang yang menginginkan rumah namun selalu gagal karena dia tidak bisa mengendalikan dirinya untuk melakukan hal-hal yang tidak penting. Salah satu langkah pertama untuk bisa memiliki rumah adalah memiliki uang DP. Dimana uang DP yang anda akan bayarkan tersebut merupakan suatu jaminan keseriusan anda untuk mendapat rumah.

Baca Juga :
Siasati Ruang Sempit Di Rumah Anda Dengan 3 Prinsip Ini
12 Tahapan Yang Saya Lalui Saat Membeli Rumah KPR

Walaupun jumlah DP sekarang nilainya sudah besar, namun pihak pemasaran perumahan biasanya memberikan tenggang waktu tertentu bagi calon pembeli untuk mencicil dan melunasi tunggakan DP yang belum seluruhnya dibayarkan. Pada awalnya, cicilan DP ini memang cukup berat. Namun lama kelamaan hal ini menjadi hal yang biasa bagi anda. Sebuah situs bernama rumah.com pernah membahas dan memposkan sebuah artikel yang isinya membahas tentang beberapa tips bagi anda yang ingin cepat-cepat mengumpulkan DP rumah. Nah, dari sana telah diinformasikan tentang pos-pos apa saja sih yang bisa dikurangi? Apa yang harus dilakukan? Dan bagaimana cara mengumpulkannya. Oleh karena itulah artikel ini dibuat untuk membantu anda semua agar bisa segera mengumpulkan DP untuk membeli rumah idaman anda.

Berikut ini ada 5 hal yang harus anda lakukan, antara lain:

1. Perhatikan Uang Transportasi Anda


Bila anda mau menotal biaya transportasi yang anda butuhkan untuk bekerja setiap hari, pastinya anda akan cukup kaget. Sebab memang pengeluaran di bidang ini sangatlah besar. Lebih-lebih bila anda membawa kendaraan sendiri dari rumah. Baik itu kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua. Keduanya membutuhkan bahan bakar minyak untuk menjalankannya. Apalagi sekarang ini yang namanya bahan bakar minyak selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. pernah sih mengalami penurunan, tapi dibandingkan dengan peningkatannya tentunya sangat jauh. Perbandingannya ibarat 3 dibanding 1. Selain itu jarak tempuh yang anda butuhkan seperti apa jauhnya. Semakin jauh jarak tempuh anda, maka biaya yang harus anda keluarkan untuk transportasi tentu juga bertambah besar.

Biaya-biaya lainnya yang berhubungan dengan transportasi antara lain biaya parkir, tol, perawatan kendaraan dan lain sebagainya. Dan untuk semua itu tidaklah memerlukan uang yang sedikit. Namun begitu, ada saran yang mengatakan bahwa lebih baik naik kendaraan umum. Selain lebih aman, kendaraan umum juga tidak membuat badan cepat lelah. Bandingkan bila anda naik kendaraan sendiri. Apalagi bila naik kendaraan sendiri dan terjebak macet, terkena panas matahari, dan juga terkena air hujan. Setelah berjalan satu bulan, coba total besarnya pengeluaran masing-masing. Apakah dengan menggunakan kendaraan pribadi bisa lebih irit? Atau bahkan sebaliknya? Jika sudah ketahuan hasilnya, pastinya anda tidak bingung lagi mau memakai kendaran transportasi yang mana.

Namun menurut hasil analisa secara umum, menggunakan kendaraan umum lebih hemat dibandingkan dengan membawa kendaraan sendiri. Peluang inilah yang benar-benar bisa memanfaatkan supaya upaya anda untuk mengumpulkan uang bisa sukses. Memang sih, bila dibandingkan dengan mobil pribadi, kenyamanannya jelas jauh berbeda. Namun hal ini jangan menjadikan alasan bagi anda.     Jika memang akhirnya pilihan anda jatuh pada kendaraan umum, maka anda harus bersiap untuk bangun lebih pagi setiap hari. Impian anda untuk bisa mengumpulkan uang DP untuk membeli rumah akan mudah anda dapatkan apabila cara tadi bisa benar-benar anda terapkan.

2. Perhatikan Lokasi Kerja Anda

Setiap orang memiliki bidang pekerjaan masing-masing dan lokasi tempatnya juga berbeda. Ada yang bekerja di tempat yang tak jauh dari rumah, ada juga yang rumahnya jauh sekali dari tempat kerja. Namun, hal ini jangan sampai mengendurkan semangat anda. Semangat itu harus tetap dijaga dan jangan sampai hilang. Syukur-syukur jika anda bekerja di tempat yang memiliki waktu cukup fleksibel. Baik itu fleksibel dari segi waktu maupun fleksibel pada tempatnya. Makanya tidak mengherankan apabila orang-orang yang bekerja di tempat seperti ini maka memungkinkan orang tersebut bekerja dimana saja. Bukankah kita sering melihat ada seseorang sambil duduk di restoran dia juga membawa laptop atau ipad.

Bila anda melihat orang seperti itu dan mengira orang tersebut sedang bermain game, maka anda salah, karena kebanyakan orang seperti itu sangat sibuk dan tidak punya banyak waktu ruangan kerjanyapun jarang dia tempati karena waktunya dihabiskan di luar kantor. Nah, jika pekerjaan anda hampir-hampir mirip seperti itu, maka masalah sesekali anda mengerjakan pekerjaan anda dirumah. Toh yang terpenting kan output atau produk yang anda hasilkan bukan. Yang jadi masalah adalah jika anda lebih memilih mengerjakan pekerjaan anda di kafe. Walaupun sama-sama menyelesaikan pekerjaan, namun tentunya di kafe akan menghabiskan uang anda.

Sudah bukan rahasia lagi kalau harga kopi di cafe ada yang bisa mencapai Rp. 100 ribu per cangkirnya. Dan ini sangat bertentangan dengan cita-cita anda ingin mengumpulkan uang untuk DP rumah. Oleh karena itu lebih baik seluruh pekerjaan yang bisa anda kerjakan di luar kantor, maka kerjakanlah di luar rumah. Kecuali kalau memang anda harus benar-benar keluar untuk bertemu dengan klien dan lain sebagainya. Lagipula kalau anda sudah memiliki wifi di rumah dan bisa dipakai untuk bekerja dan mengirimkan email, alangkah sayangnya kalau anda tidak memanfaatkan fasilitas pribadi anda itu.

3. Batasilah Cemilan Anda Setiap Hari

Ngemil itu pekerjaan yang sangat menyenangkan. Tidak jarang seseorang menghabiskan cukup banyak uang hanya untuk beli makanan cemilan. Apalagi sekarang ini banyak sekali minimarket yang yang menjual berbagai macam cemilan murah meriah. Padahal kalau anda bisa menghindari makanan cemilan ini, maka otomatis peluang anda untuk bisa mengumpulkan uang untuk DP rumah lebih besar. Sebenarnya apa sih tujuan dari orang yang ngemil? Jawabannya ada dua, pertama karena memang anda lapar, kedua karena anda cuma iseng saja. Terus bagaimana cara mengatasinya? Gampang kok, anda hanya perlu menambah porsi makan pagi-siang-malam anda. Dan kemudian hilangkan keisengan anda, alihkan keisengan anda kepada selain ngemil. Bila anda suka ngopi dan jajan di luar rumah, maka sebaiknya anda jajan dirumah sendiri aja.

4. Bila Ada Alternatif Gratis, Jangan Lakukan Sesuatu Yang Berbayar

Dalam kasus ini kita ambil contoh olahraga. Berolahraga itu sebenarnya gratis kalo kita bisa mengaturnya sendiri. Namun kadangkala orang lebih percaya pada program kebugaran yang berbayar. Terutama saat teman-temannya mengajak untuk daftar di club kebugaran. Cuma gara-gara ingin sama dengan teman yang sudah sukses. Oleh karena itu, lebih baik anda pikirkan lagi jika ada teman anda yang ingin mengajak jadi member pusat kebugaran. Karena pada prinsipnya olahraga itu murah. Tinggal bagaimana anda memprogramnya sendiri, mengatur dan menjadwalkan secara rutin. Beberapa olahraga sebenarnya bisa anda lakukan sendiri gratis tanpa membayar.

Contoh yang paling nyata adalah olahraga jogging. Olahraga ini sangat ringan, murah, dan bisa dilakukan kapanpun. Beberapa tempat bisa anda pilih untuk jogging. Misalkan anda lari di taman dekat rumah, di jalanan, di gelanggang olahraga dan lain sebagainya. Andapun bisa melakukan olahraga di sekitar rumah atau di ruangan dalam rumah. Misalkan anda bisa dengan menggunakan tablet untuk menonton gerakan instruktur senam. Ada aplikasi yang memfasilitasi hal itu, yaitu menggunakan aplikasi olahraga bernama 7 Minutes Workout di ponsel. Sekarang ini kan sudah ada olahraga yang diadakan gratis, seperti di taman dan seperti di kantor tempat anda kerja. Biasanya kantor-kantor pemerintah senantiasa mengadakan senam rutin setiap hari jumat secara rutin.


5. Biaya Internet dan Komunikasi Anda Jangan Terlalu Besar

Anda sangat beruntung bila bekerja di kantor yang menyediakan fasilitas internet di masing-masing komputer. Bahkan ada juga yang menyediakan fasilitas seperti wifi. Hal inilah yang harus bisa anda manfaatkan untuk mengirim bbm, whatapp, kirim email dan sebagainya untuk menunjang kerja anda.  Begitu juga jika anda juga sudah memiliki fasilitas internet di rumah, maka jangan anda repot-repot beli paket internet di handphone. Toh biasanya fasilitas telepon pada handphone anda tetap bisa digunakan saat anda berada di luar kantor atau luar rumah.

Jadi jangan takut untuk tidak bisa berkomunikasi, sebab handphone anda masih buat sms dan telpon. Paket pulsa internet itu mahal. Anda pasti juga pernah merasakannya bukan. Kadang-kadang dalam satu bulan saja bisa menghabiskan dana Rp. 200 ribu – Rp. 300 ribu untuk paket internet. Jadi manfaatkanlah baik-baik fasilitas kantor maupun fasilitas di rumah anda untuk menunjang seluruh aktivitas anda. Namun perlu diingat, jika anda tidak perlu-perlu amat memasang internet di rumah, maka anda tidak usah memasang internet. Nanti pengeluaran anda akan membengkak tanpa ada timbal balik.


EmoticonEmoticon