Siasati Ruang Sempit Di Rumah Anda Dengan 3 Prinsip Ini

Bagi anda yang punya impian memiliki rumah idaman yang luas, nampaknya untuk saat-saat ini akan terhampat oleh tingginya harga rumah. Namun hal tersebut sebaiknya jangan menjadi hambatan sehingga bisa memupus impian dan cita-cita anda mempunyai rumah yang sesuai dengan keinginan. 


Saat ini para pengembang perumahan lebih realistis terhadap ketersediaan lahan, sehingga beberapa tahun terakhir mereka lebih memilih untuk memasarkan perumahan bertipe kecil. Selain bertujuan agar memudahkan masyarakat memiliki rumah, pengembang juga ingin menyesuaikan dengan daya beli masyrakat sehingga rumah yang dipasarkan juga cepat habis. 

Namun disisi lain, rumah dengan dengan harga murah tersebut tentunya memiliki ruangan yang terbatas. Ruang yang terbatas seringkali menjadi penyebab sumpeknya dan jenuhnya perasaan penghuninya. Dengan kondisi yang semacam ini, sebaiknya anda jangan berkecil hati.

Ternyata mengubah rumah yang kecil menjadi rumah hunian yang terasa longgar dan nyaman bukanlah suatu hal yang mustahil. Jika anda memiliki ide dan kreasi, tentunya ruangan yang sempit bisa anda siasati sedemikian rupa agar menjadi layak huni dan terasa nyaman.

1. Pilihlah Warna Dinding Yang Netral

Sentuhan warna terang pada rumah anda akan memberikan kesan luas dan nyaman. Tentunya piihan ini merupakan pilihan alternatif yang sangat pas bagi anda yang bangunan rumahnya terbatas ruangnya. Efek luas dan tampak lebih terang terpancar dari ruangan yang menggunakan warna-warna yang netral.

Dalam hal ini anda bisa menggunakan warna putih dan warna krem. Warna abu-abu dan navy muda bisa menjadi alternatif pilihan lainnya bagi anda. Pilihan warna-warna tadi memang dipercaya bisa menhasilkan ilusi mata sehingga ruangan yang sebenarnya ukurannya kecil nampak lebih besar dan luas.

Disini kuncinya harus betul-betul anda pegang, yaitu menyeimbangkan warna netral dengan warna yang lembut supaya menghasilkan nuansa ruangan yang tepat. Agar ruangan anda tidak terkesan monoton, furniture-furniture bisa anda beri warna lain agar perpaduan keduanya semain baik. Untuk bagian plafon, sebaiknya pilihan warna yang digunakan menggunakan warna yang sama dengan dinding.

2. Pilihlah Warna Lantai Yang Terang

Agar ruangan tampak luas, maka pemilihan warna lantai juga cukup berpengaruh. Warna putih, oranye, ataupun warna-warna lain yang mencolok bisa menjadi pilihan anda jika ingin ruangan anda tampak luas. Namun anda juga boleh menggunakan lantai parket kalau mau.

Bila anda tidak suka warna lantai anda putih dan lebih memilih warna lain, maka pastikan warna dinding anda berwana putih. Hal ini bertujuan untuk memberikan image luas pada ruangan meskipun sebenarnya ini hanyalah variasi trik agar dinding tampak terang.

Namun jika kedua saran diatas tidak anda gunakan dan anda lebih memilih menggunakan warna selain terang pada dinding dan lantai anda, maka jangan heran jika ruangan rumah anda akan tampak sempit, terbatas, dan terasa sulit bergerak.

3. Pilihlah Warna Lampu Yang Terang

Pengggunaan lampu berwarna terang seperti warna putih cocok bagi ruangan yang sempit sehingga akan terkesan lebih luas. Jangan memakai warna kuning orange seperti lampu-lampu yang ada di jalan raya. Warna tersebut justru akan membuat ruangan tampak sempit. Penggunaan lampu warna kuning itu hanyalah cocok bila digunakan di ruangan yang luas.

Saat ini, rumah-rumah bertipe kecil sedang laris manis dan banyak diburu dipasaran. Para pengembangpun telah banyak yang memberi berbagai kemudahan dan diskon-diskon bagi para konsumen mereka.



EmoticonEmoticon