Nikmatnya Sate Buntel Yang Dibungkus Lemak

Berburu kuliner jenis sate di tanah air dengan rasa unik dan khas daerah seolah tidak ada habisnya. Salah satunya di Semarang Jawa Tengah, disana ada Sate Buntel. Bahan baku jenis makanan ini merupakan daging kambing.

Image : okezone.com

Daging ini dicincang kemudian dibentuk bulat lonjong menggunakan kepalan tangan. Agar mudah dicincang dan teksturnya lembut, dipilihlah jenis kambing muda dan tentu yang masih segar. Untuk satu tusuk sate buntel, membutuhkan daging sekitar dua ons yang kemudian dibungkus dengan lembaran lemak.

Baca Juga :
Menikmati Soto Sedap Boyolali Hj. Widodo
Makan Bakso di Warung Bakso Mas Brewok

Lemak ini tidak hanya sebagai buntel ataupun bungkus, tetapi sekaligus juga untuk menambah rasa gurih. Setelah pembalutan lembaran lemak, Sate Buntel dibalur bumbu rempah-rempah. Selain berfungsi sebagai penyedap rasa, rempah-rempah ini juga sekaligus dapat menyerap bau khas daging kambing.

Agar didapatkan pembakaran sempurna, bulatan Sate Buntel dibelah dan dibuat pipih. Proses pembakaran menjadi bagian yang sangat penting karena menentukan kualitas hasil sate. Bara api yang digunakanpun tidak boleh terlalu besar karena balutan lemak sangat mudah terbakar.

Bila bara api terlalu besar maka tekstur daging akan gosong dan menghitam. Setelah dibakar sekitar 10 menit, Sate Buntel pun akan terlihat berwarna kecoklatan dan bau harumpun menyeruak. Untuk penyajian, setiap porsi hanya terdiri dari dua tusuk yang diberi tambahan bumbu bawang merah dan jeruk nipis.

Tak lupa sate yang masih panas itu disiram kecap manis sebagai pelengkap. Sang Pemilik, Tina Wibowo tertarik menciptakan menu olahan Sate Buntel karena ingin menciptakan jenis sate yang berbeda. Menurut Tina, Satu tusuk Sate Buntel itu sama dengan lima tusuk sate biasa, namun jika lima tusuk sate biasa itu dijadikan satu buntel maka tidak akan sebesar satu tusuk Sate Buntel.

Jadi lebih pastinya satu tusuk Sate Buntel akan lebih puas dan nikmat untuk dinikmati karena porsinya lebih besar dan lebih mengenyangkan. Kreativitas inipun berubah manis. Kini Sate Buntel buatannya menjadi menu favorit konsumen. Pengemarnyapun tidak hanya kalangan tertentu, namun dari semua kalangan baik itu remaja, dewasa ataupun lanjut usia.

Nah, bagi anda yang sudah bosan dengan sate yang itu-itu saja. Maka menu sate yang satu ini bisa jadi opsi kuliner anda saat anda berada di Semarang. Untuk menikmati sate berukuran jumbo ini, pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harnya hanya 50 ribu rupiah per porsinya.

Sumber : iNews.TV


EmoticonEmoticon