Hotel Majapahit, Saksi Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia

Halo sahabat, hari ini kita akan membahas tentang bangunan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia khususnya bagi warga Surabaya sendiri. Inilah Hotel Majapahit yang merupakan gambaran perjuangan arek-arek Suroboyo dalam merebut kemerdekaan. Di mana pada saat itu, di Hotel Inilah para pejuang arek-arek Suroboyo merubek bendera Belanda sehingga menjadikannya Bendera Indonesia demi sebuah harga diri bangsa.

Image : flickr.com

Sejak berdiri satu abad yang lalu, Hotel Majapahit memiliki daya tarik luar biasa dari sisi sejarah. Bahkan hotel yang berada di Jalan Tunjungan Surabaya ini hingga sekarang tidak menghilangkan keasliannya. Ini terbukti dari bermacam bangunan-bangunan dan benda-benda bersejarah masih terpajang rapi di dalam Hotel. Di dalamnya masih ada furniture-furnitur kuno bahkan juga terdapat mobil yang sudah tua. Dan kebanyakan dari benda-benda tersebut masih terdapat tulisan-tulisan berupa huruf HO yang artinya Hotel Oranje.

Baca Juga :
Sejarah Asal Stasiun Jakarta Kota Sebagai Salah Satu Cagar Budaya
Sejarah Tugu Jogja Yang Menjadi Landmark Kota Jogjakarta

Pihak hotel sendiri memang ingin sedikit mengajak para pengunjung untuk flashback kembali ke zaman dulu. Dalam perjalanannya, Hotel Majapahit mengalami pergantian nama beberapa kali. Di tahun 1910, Hotel Majapahit pertama kali dibangun dengan nama Oranje Hotel oleh Sarkies bersaudara. Selanjutnya di tahun 1942, berubah nama menjadi Yamato Hoteru atau Yamato karena penjajah Jepang masuk ke Indonesia dan menguasai hotel ini.

Tahun 1945, Hotel Yamato berubah menjadi Hotel Merdeka atau Hotel Liberty karena di hotel inilah warga Surabaya merobek bendera Belanda menjadi Bendera Merah Putih. Kemudian di tahun 1969, nama Majapahit digunakan untuk hotel ini karena ada kerajaan besar yang dikenal dengan Majapahit. Kemudian nama Majapahit pun bertahan hingga saat ini. Hotel Majapahit saat ini memiliki ratusan kamar, namun hanya beberapa yang memiliki sejarah seperti kamar nomor 33 yang dulunya adalah markas sekutu.

Tiang bendera juga masih terpancang di atap Hotel Majapahit. Beberapa prasasti menceritakan beberapa peristiwa bersejarah juga masih tertulis jelas di dinding atap Hotel Majapahit. Saat ini Hotel Yamato atau Hotel Majapahit merupakan cagar budaya yang mampu menceritakan perjuangan para pahlawan agar keberanian Arek-arek Suroboyo tetap dikenang oleh generasi muda nantinya.



Sumber : iNews Tv


EmoticonEmoticon