Beberapa Hal Unik dan Menarik Tentang Amazon

Sungai Amazon merupakan sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil di Afrika. Sungai Amazon memiliki total aliran terbesar dari sungai manapun karena membawa air lebih banyak dari Sungai Misisippi, Nil, dan Yanse bilan digabungkan. Selain itu Amazon dianggap memilki arus yang terkuat jika dilihat dari jumlah air yang mengalir per detiknya. Jumlah air tawar yang dilepaskan ke Samudra Atalantik ini sangat besar yaitu 184 ribu meter kubik per detik di musim hujan.

Image : flickr.com

Menurut hasil analisa para ahli, seperlima dari air tawar yang mengalir ke laut yang ada di dunia itu merupakan air dari aliran Amazon. Dimana air di laut besar sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya. Sungai melewati Brazil, Kolombia, Kuba dan Peru ini sendiri adalah juga sungai dengan daerah sekitarnya yang hampir belum terjamah manusia. Kelebatan hutan di tepi sungainya menjadi tempat yang sangat ideal bagi banyak hewan eksotik bahkan banyak hewan khas yang unik dan menakjubkan yang hanya bisa ditemui di Hutan Amazon.

Baca Juga :
Bengawan Solo Purba Jawa Tengah
Wisata Yang Indah di Belitung

Selain informasi-informasi tadi berikut ini akan dibahas beberapa hal menarik lainnya dari Amazon.

1.    Asal Usul Sungai Amazon

Boleh percaya atau tidak, tetapi mitos dari Sungai Amazon ini terbentuk karena pergerakan jenis ular Anaconda raksasa yang hidup di kawasan Amazon dahulu kala. Anaconda jenis ini dikatakan memiliki panjang 80 meter dengan berat konon mencapai 5 ton dan garis tengah tubuhnya hingga 80 centimeter. Dan karena curah hujan yang cukup tinggi di kawasan Amazon, maka saat ular tersebut merayap, tercipta genangan lumpur yang dalam dimana semakin lama semakin dalam karena seringnya Anaconda tersebut lewat. Lama kelamaan aliran airpun mulai mengalir dan terciptalah Sungai Amazon.

Meskipun cerita tersebut dipercaya suku asli di daerah Amazon, namun bila ditelaah secara ilmiah, sekalipun benar sungai itu terbentuk akibat pergerakan, rasanya tidak mungkin akan membentuk sungai sedalam dan sebesar Sungai Amazon sekarang ini. Tetapi mitos memang tidak selalu menatap pada alam logika dan lebih karena pendekatan perspektif imajinasi sehingga terciptalah legenda asal usul Sungai Amazon ini.

2.    Paru Paru Dunia

Informasi berikutnya adalah mengenai Hutan Amazon yang berada di sepanjang Sungai Besar Amazon. Hutan ini meliputih wilayah seluas kurang lebih 5,5 juta kilometer persegi. Terletak di 9 negara yaitu Brazil, Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname dan Guyana Perancis. Hutan Amazon merupakan hutan tropis paling luas di dunia dan memiliki dua julukan yaitu paru paru dunia karena menghasilkan 30 persen dari seluruh oksigen di bumi dan Neraka Hijau karena setiap tahun sungai meluap. Sebutan Neraka Hijau juga diberikan karena lebatnya hutan membuat semuanya terlihat sama dan juga banyak serangan dari serangga buas  dari hutan tersebut.

Kawasan hutan yang meliputi wilayah Amazon di Brazil sangat luas yaitu meliputi 60 persen dari seluruh wilayah Hutan Amazon. Pemerintah di wilayah tersebut memang sengaja tidak menjadikan hutan di kawasan tersebut sebagai lahan dan komoditas bagi manusia. Hutan Amazon berfungsi sebagai paru-paru dunia. Tentu saja kebijakan yang patut diacungi jempol karena lebih mementingkan kepentingan masyarakat dunia daripada untuk mencari keuntungan dengan merusak keseimbangan alam.

3.    Hewan – Hewan Khas Amazon

Tanpa mengait-ngaitkan dengan benar tidaknya cerita soal asal usul Sungai Amazon, sudah sejak dahulu kala cerita ini dikenal di masyarakatnya. Hal seperti ini memang bisa dimaklumi karena memang sangat banyak jenis hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya. Selain Anaconda raksasa ada juga ikan Piranha yang gemar menyantap daging. Di Sungai Amazon juga sama seperti sungai-sungai lainnya yaitu memiliki banyak ikan. Bahkan, beberapa diantara jenis ikan ada yang berukuran super alias raksasa. Karena besarnya, ikan-ikan ini tidak bisa ditemukan di sungai lain kecuali Sungai Amazon. Salah satu jenis ikan yang berukuran raksasa yakni Ikan Aravaina yang ukurannya bisa mencapai 2 meter.

Selain itu ada Lele atau Cat Fish khas Amazon dan Arwana yang juga berukuran raksasa. Hutan hujan tropis Amazon sendiri juga menjadi rumah bagi 300 spesies Mamalia, puluhan ribu pohon dan sekitar ratusan ribu spesies tanaman lain. Selain itu dikatakan bahwa spesies Serangga yang bisa ditemukan di Amazon adalah sekitar 20 ribu spesies. Bahkan masih banyak spesies tumbuhan dan hewan lainnya yang belum teridentifikasi dan masih tersembunyi dalam kekelapan Rimba Amazon.

4.    Tempat Wisata di Amazon

Informasi selanjutnya adalah mengenai kegiatan Pariwisata di Amazon. Dimana salah satu cara menikmati eksotisme Hutan Amazon adalah melalui sungainya. Bagi anda para pelancong, tenang saja! Karena banyak sekali biro perjalanan yang bisa membantu anda sampai ke Amazon. Bahkan biro-biro ini saling bersaing untuk menawarkan paket-paket yang pastinya bersaing. Alat yang digunakan untuk menyusuri pesona Sungai Amazon bisa menggunakan Kapal Pesiar. Kapal tersebut akan berpetualang memasuka kawasan hutan yang hijau dan masih perawan.

Sungai Amazon juga tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah khas Hutan Hujan Tropis, tetapi juga memberikan petualangan tersendiri bagi para turis yang melintasinya. Sungai besar yang dipenuhi oleh hewan air berbahaya seperti Ikan Piranha, Buaya Muara, bahkan Ular Anaconda dapat menjadi pemandangan yang menarik saat melintasi Amazon. Ditambah lagi suara-suara hewan liar yang bersahut-sahutan akan menambah keistimewaan perjalanan yang tidak akan bisa ditemui ditempat manapun di dunia. Suatu pesona alam yang sungguh luar biasa yang wajib untuk terus dilestarikan.


Sumber : Spotlite, Trans7


EmoticonEmoticon