4 Tips Jika Anda Berencana Sewakan Rumah

Bagi sebagian orang, memiliki rumah lebih dari satu merupakan suatu anugrah yang harus disyukuri. Karena apa? Berarti anda lebih mujur dari kebanyakan orang yang jangankan memiliki rumah lebih dari satu, untuk membeli rumah saja belum tentu bisa. Anda akan lebih beruntung lagi jika rumah anda yang lain tersebut tidak cuma dibiarkan kosong karena bisa menghasilkan uang jika anda mau menginvestasikannya. 


Disamping rumah tersebut bisa mendatangkan keuntungan pasif bagi anda, dengan menyewakan rumah maka itu artinya anda telah membantu sesama untuk memiliki hunian, walaupun cuma sekedar sewa. Sekarang masalahnya, apakah menyewakan rumah itu mudah? Tergantung. Nah, disinilah saya akan berbagi tips bagi anda jika ingin rumahnya cepat tersewa.

Baca Juga :
5 Cara Efektif Untuk Persiapan KPR
9 Hal Ini Merupakan Tanda Bahwa Anda Harus Segera Mengajukan KPR

1. Pantaulah Terlebih Dahulu Para Pesaing Anda

Sebelum anda menyewakan rumah anda, maka anda harus memantau terlebih dahulu berapa harga yang ditawarkan oleh para pesaing anda. Apa sajakah fasilitas-fasilitas yang mereka tawarkan. Kalau ternyata pesaing anda memberi penawaran harga sewa sebesar Rp. 2 Juta tiap bulan, maka anda bisa menawarkan dengan harga yang lebih kompetitif. 

Namun alangkah lebih baik kalau anda tidak cuma menurunkan harga saja, tetap juga menambahkan berbagai keuntungan-keuntungan lainnya kepada para calon penyewa anda. Contohnya, para pesaing anda tidak memberikan fasilitas televisi, maka anda harus bisa memberikan fasilitas televisi, sehingga anda lebih unggul dalam hal ini. Atau dengan cara lain yaitu anda mencoba untuk memberikan gimmick yang lain supaya bisa menarik minat calon penyewa anda.

2. Berikan Tawaran Diskon Bagi Penyewa Anda Dalam Jangka Yang Panjang

Contohnya bila harga sewa rumah anda bulanannya sebesar Rp. 2 juta, namun bagi penyewa yang mau membayar langsung satu tahun ke depan, maka anda memberikan pada penyewa anda potongan satu bulan sewa misalkan. Atau bisa juga anda memberi hadiah secara langsung entah itu dalam bentuk apapun juga, contohnya peralatan rumah tangga seperti DVD dan televisi. Dengan cara anda memberi lebih banyak dibandingkan dengan para pesaing anda, maka calon penyewa tentu akan memprioritaskan anda karena anda memberikan lebih banyak keuntungan.

3. Perhatikanlah Interior Rumah Anda, Karena Itu Merupakan Daya Tarik Yang Pertama

Disaat calon penyewa anda membuka pintu rumah untuk pertama kalinya, maka pada momentum tersebut anda harus bisa mencari siasat supaya hal tersebut bisa berkesan bagi mereka. Caya yang bisa anda tempuh yakni dengan menerapkan tampilan interior yang unik dan menarik hati. Komponen-komponen interior dapat dilihat dari fasilitas yang disediakan dan juga perabotan rumah. 

Satu lagi hal yang penting, sesuaikanlah selera calon penyewa anda. Misalnya, kalau anda hendak membidik penyewa yang ekspatriat, maka interiornya harus didesain khusus dengan aksesoris yang melengkapi kenyamanan hunian anda.

4. Cobalah Mencari Bantuan Dari Para Broker Yang Sudah Terpercaya

Untuk hal yang terakhir ini supaya anda semakin dimudahkan, maka perlu untuk memakai jasa seorang broker properti yang sudah profesional. Ciri-ciri broker properti yang sudah profesional ialah yang mempunyai calon tenant yang banyak. Disamping itu, para broker tadi juga mempunyai sertifikasi lokasi yang pas dan tepat. 

Oleh karena itu, anda jangan salah pilih broker, apalagi yang tidak sesuai dengan lokasi dimana rumah anda yang henda dijual. Contohnya, lokasi rumah anda berada di wilayah Jakarta Selatan, namun anda memakai broker dari Jakarta Utara, tentunya hal itu akan menyulitkan anda agar bisa membidik calon pembeli yang lebih spesifik.

# Lalu Bagaimana Bila Rumah Anda Masih Sulit Mendapatkan Penyewa?

Disini anda bisa mengambil langkah dengan menurunkan harga sewa rumah anda. Namun anda perlu ingat, sesudah sewa rumah anda diturunkan, apakah anda masih bisa memperoleh keuntungan. Kalau anda tidak mendapat keuntungan, maka anda wajib untuk melihat biasa apa sajakah yang meski ditekan. Perlu anda ketahui, bahwa menurunkan harga sewa itu tetap lebih baik dibandingkan dengan tidak ada penyewa, sehingga anda masih tetap memiliki tanggungan untuk biaya bulanan, seperti pembayaran listrik, air dan lain sebagainya.


EmoticonEmoticon