8 Alasan Kenapa Anak-Anak Tidak Boleh Bermain di Air Banjir

Banjir adalah satu dari beberapa peristiwa bencana yang biasa dikhawatirkan oleh banyak warga. Khususnya bagi warga yang tinggal di daera pinggiran aliran sungai yang setiap harinya terbiasa dengan kehidupan yang berhubungan dengan sungai tersebut. Saat peringatan banjir mulai diberlakkan baik dari tetangga waupun aprarat daerah, maka biasanya seluruh warga sekitar segera mempersiapkan diri mereka untuk menghadapinya. Yang mereka pikirkan saat itu adalah bagaimana supaya barang-barang milik mereka terselamatkan tertutama barang-barang yang dianggap penting bagi mereka.

Selain barang-barang, anda juga harus memperhatikan keselamatan anak-anak terutama saat banjir mulai datang. Sebagai orang tua yang baik, tentunya mengajarkan anak-anak menghadapi banjir merupakan hal yang harus anda ajarkan agar mereka tetap aman dan selalu siap menghadapin banjir. Akan tetapi, banyak diantara anak-anak justru malah bermain-main di air banjir sehingga ini merupakan tugas para orang tua agar bisa memberi pengertian pada mereka bahwa bermain di air banjir itu berbahaya. Tentunya semua orang juga sudah tahu bahwa air banjir itu sangat buruk bagi kesehatan, sangat menjijikkan dan juga sangat kotor.

Baca Juga :
9 Fakta Menarik Tentang Bayi Tabung
Untuk Reproduksi Berbantu, Anda Pilih Mana? Inseminasi atau Bayi Tabung? 

Oleh karena itu, arahkan anak-anak anda agar tidak bermain air banjir. Lalu apa saja sih bahaya dari air bajir itu, berikut itu penjelasannya :

1. Banyaknya Limbah Mentah Yang Penuh Dengan Kuman


Limbah mentah yang penuh dengan kuman bisa mengakibatkan penyakit mikro-organism seperti e coli, giardia, hepatitis A, cryptosporidium dan juga kolera. Jika anak anda sedang mengalami luka, maka luka tersebut akan semakin terinfeksi akibat terkena air yang sudah terkontaminasi. Limbah bisa saja juga berisi urine maupun feses, produk-produk sanitasi seperti kertas toilet maupun pembalut wanita.

2. Nyamuk

Jika banjir terjadi, maka akan terdapat banyak sekali kolam-kolam kecil yang bisa saja menjadi tempat yang bagus bagi nyamuk-nyamuk berbahaya untuk berkembang. Nyamuk-nyamuk tersebut bisa membawa virus berbahaya seperti virus west nile. Maka dari itu berhati-hatilah terhadap anak anda yang bermain di kolam kecil, terutama kolam kecil yang terjadi akibat banjir.

3. Adanya Limbah Yang Berbahaya

Di dalam air banjir itu terdapat ratusan bahan kimia yang tercampur menajdi satu, dan ini sangat berbahaya sekali bagi tubuh. Salah satu contohnya adalah cairan kendaraan seperti minyak, gas dan anti freeze. Aliran air atau limpasan dari fasilitas perindustrian dan juga manufaktur yang bisa berisi bahan-bahan kimia yang beracun dan berbahaya. Dan terdapat pula limpasan dari berbagai peternakan yang bisa mengandung pestisida, pupuk, herbisida dan juga kotoran-kotoran binatang.

4. Benda-Benda Yang Tajam dan Berbahaya

Berbagai benda bisa saja terseret oleh air banjir, dan disana biasanya juga terdapat benda-benda tajam seperti pecahan gelas dan berbagai benda tajam lainnya. Benda tersebut sulit terlihat karena umumnya tecampur dengan berbagai kotoran dan sampah serta terkadang tertutup oleh lumpur. Tentu saja bila benda tajam tadi mengenai kulit, tentunya akan mengakibatkan timbulnya tetanus, e coli, dan juga mengakibatkan anak-anak bisa terjatuh, terjerat dan bisa terluka parah. Contoh dari benda-benda berbahaya tadi antara lain pecahan kaca, cabang-cabang pohon, kawat-kawat, pecahan-pecahan logam dan lain sebagainya.

5. Adanya Batu Yang Tersembunyi, Lubang dan Juga Selokan

Ketiga hal diatas dapat mengakibatkan anak-anak atau orang dewasa salah pijak, terperosot atapun tergelincir. Hal ini tentunya bisa berbahaya karena bisa menciderai bila terkena. Dalam berbagai kasus, kejadian seperti ini bisa mengakibatkan orang jadi pingsan bahkan ada yang sampai tenggelam.

6. Terdapat Saluran Lubang Got dan Saluran Pipa

Selama terjadinya banjir dan air mulai menyurut, maka saluran-saluran pipa dan juga lubang-lubang got bisa menjadi tempat yang berbahaya karena bisa menjadi tempat pengisap yang cukup kuat. Hal ini berbahaya bagi anak-anak maupun orang dewasa karena bila tersedot atau terhisap mereka bisa kehilangan nyawanya. Kejadian ini bisa terjadi karena mereka terhisap ke dalam permukaan air yang dangkal. Anak-anak tersedot ke dalam pipa yang tersembunyi tersebut sehingga merekapun bisa tenggelam. Bahkan ada beberapa kasus yang menyeret korban sampai ke danau atapun lautan.

7. Adanya Lubang Wastafel

Lubang wastafel itu bisa tiba-tiba sangat bebahaya saat terjadi banjir. Hal ini terjadi karena bisa mematahkan pipa air, kabel, pipa, saluran listrik, dan juga pipa gas, sehingga hal ini bisa mengakibatkan beberapa struktur benda di dekatnya bisa jadi labil.

8. Timbulnya Pencemaran Air

Air bekas banjir itu sudah tidak baik untuk diminum ataupun dimasak. Saat dan sesudah terjadinya banjir, air bisa terkontaminasi dengan mikro organisme-organisme seperti limbah, bakteri, limbah indurstri dan pertanian, bahan-bahan kimia, serta zat-zat berbahaya lainnya yang dapat mengakibatkan penyakit kronis. Alangkah baiknya jika anda selalu berasumsi dan menghindarkan dari jangkauan anak-anak terutama air-air yang sudah terkontaminasi. Tunggulah sampai ada pihak-pihak yang berwenang memberitahukan kepada anda. Kalau anda mempunyai sumur pribadi, tunggulah keputusan sampai air tersebut dinyatakan aman ataupun tidak untuk dikonsumsi.


EmoticonEmoticon