Pengalaman Jalan-Jalan Ke Candi Prambanan

Assalamu’alaikum sahabat sekalian, apa kabarnya kalian hari ini? Tentunya tetap dalam keadaan baik-baik saja bukan? Amin. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cerita tentang “Pengalaman Jalan-Jalan Ke Candi Prambanan” melalui artikel sedernana ini. Berbeda dengan candi Borobudur yang merupakan Candi Budha, Candi Prambanan atau Candi Roro Jongrang adalah candi Hindu yang sama-sama berada di Jawa Tengah. Candi ini juga masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Menurut sejarah candi ini dibanngun pada tahun 850 masehi oleh raja keenam kerajaan Mataram Kuno bernama Sri Maharaja Rakai Pikatan Mpu Manuku.

Baca Juga :
Pengalaman Jalan-Jalan Ke Candi Borobudur
Pengalaman Saya Jalan-Jalan ke Setu Babakan

Dijamin bagi para wisatawan yang berkunjung ke candi ini pasti akan terpukau melihat bangunan candi yang merupakan salah satu yang termegah di Asia Tenggara Ini. Ketika saya berkunjung kompleks candi, saya bersama-sama rombongan besar lainnya yang dibiayai oleh perusahaan. Saya ditemani oleh istri dan anak saya menikmati suasana yang ada disana. Kami dan rombongan tiba di kompleks prambanan menggunakan bis sekitar pukul 12.00 wib. Saat turun dari saya dan istri tidak langsung masuk ke area candi, akan tetapi kami mencari mushola terdekat untuk melaksanakan shalat dhuhur. Akan tetapi setelah saya melihat sekitaran lokasi bis, saya tidak melihat ada mushola atau masjid untuk shalat.

Akhirnya saya menhampiri petugas loket yang sedang berjaga di sana dan menunjukkan lokasi musholanya. Ternyata musholanya berada di luar area kompleks candi sehingga kamipun minta ijin kepada petugas loket untuk keluar sebentar melaksanakan shalat. Saya dan istri harus bergantian menunaikan ibadah shalat karena salah satu dari kami harus menjaga anak kami yang masih kecil diluar. Setelah selesai, kamipun minta izin kepada petugas loket untuk masuk kembali dan diijinkan. Rasa lega menyelimuti hati kami karena kami telah menunaikan ibadah yang sudah menjadi keharusan dari agama yang kami anut. Walaupun cuaca masih panas sekitar jam dua siang, namun kami masih tetap bersemangat menuju ke lokasi candi.

Sebelum naik tangga dan masuk ke lokasi candi, kami menyempatkan diri untuk berfoto-foto di depan candi persisnya di luar area candi utama. Beberapa teman juga menghampiri untuk meminta saya memfoto dirinya dengan keluarganya. Setelah itupun saya dan istri masuk ke dalam area candi dan disanalah kami puas menikmati suasana bangunan kuno yang megah tersebut.

Demikianlah artikel sederhana dari saya ini dengan judul “Pengalaman Jalan-Jalan Ke Candi Prambanan“. Tulisan ini hanya sekedar berbagi pengalaman saja kepada sahabat sekalian. Terima kasih banyak sudah mau berkunjung ke blog sederhana saya. Wassalamu’alaikum.


EmoticonEmoticon