Pengalaman Jalan-Jalan Di Kebun Binatang Ragunan

Assalamu'alaikum sahabat sekalian. Apa kabar kalian hari ini? tentunya senantiasa baik-baik saja bukan? Semoga kalian selalu sehat dan dalam lindunganNya ya, amin. pada kesempata kali ini saya akan berbagi artikel yang saya beri judul "Pengalaman Jalan-Jalan Di Kebun Binatang Ragunan" untuk kalian semua. Kebun binatang Ragunan terletak di Kelurahan Ragunan Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Taman Margasatwa ini disebut-sebut sebagai kebun binantang terlengkap di Asia Tenggara. Luas area kebun binatang ini mencapai 140 hetare. 


Baca Juga : 

Koleksi binatang yang ada didalamnya sekitar 295 spesies serta 4040 spesimen. Saya sendiri sangatlah familier dengan kebun binatang ragunan. Sebab orang tua saya tinggal di Kelurahan Kebagusan yang lokasinya berada di Pintu Timur Kebun Binatang yang dipindahkan dari Cikini Menteng sejak 1969 ini. Dulu sewaktu saya masih SMA dan tinggal di Kediri Jawa Timur, saat liburan tiba saya sering main ke Kebun Binatang ini bersama teman-teman saya di Kebagusan. Karena kami semua sudah kenal dan akrab dengan security yang jaga, kami beramai-ramai sering masuk dengan gratis tanpa harus membayar sepeserpun.

Karena seringnya saya berjalan-jalan dan bermain di dalamnya, sayapun sampai hafal tempat-tempat binatang sehingga ketika ada orang yang bertanya tentang lokasi binatang, saya bisa dengan mudah menunjukkan lokasinya. Sampai saya lulus SMA pun saya masih bisa masuk dengan gratis melewati Kebun Binatang. Pernah selama satu bulan penuh saya selalu masuk melewati Ragunan hanya untuk numpang lewat menuju ke Terminal Ragunan yang letaknya berada di Pintu Utama. Saat itu saya lewat karena akan naik Kopaja jurusan Pejompongan untuk bekerja. Namun kini pengamanan di Taman Margasatwa Ragunan sudah ketat, dan setiap orang yang masuk wajib membayar tiket tidak peduli apakah itu warga sekitar ragunan atau tidak.

Kini setelah saya memiliki istri dan anak saya masih beberapa kali berkunjung ke Ragunan untuk berjalan-jalan dan memberikan hiburan bagi anak saya yang masih kecil. Biaya masukknya masih cukup murah yaitu 3.500 rupiah saja. Tempat-tempat favorit saya adalah area burung, gajah, jerapah, harimau putih dan buaya. Untuk lokasi burung anda bisa lewat pintu utara atau utama, lokasi gajah, jerapah dan zebra bisa lewat pintu barat, dan lokasi harimau putih, onta, anoa, dan buaya bisa lewat pintu timur. Disamping itu terdapat juga area bermain anak-anak tak jauh dari pintu barat. Bagi anda yang tidak ingin capek berjalan terlalu jauh, anda bisa menyewa sepeda ataupun naik kereta mini yang sudah disediakan oleh panitia di pintu utama.

Delman, gajah tunggang, dan onta tunggang ada juga di Taman Margasatwa ini. Saya, istri serta anak saya kalau lapar maupun haus tidak bingung untuk mencari makanan maupun minuman di lokasi ini, sebab di kanan kiri jalan biasanya sudah disediakan stand-stand pedagang yang menjajakan berbagai makanan dan minuman. Tapi kalau saya sendiri terkadang membawa makanan sendiri dari rumah, sehingga tidak perlu repot-repot membeli makanan di dalam. Tinggal gelar tikar di rumput di bawah pohon, maka kami bisa makan sepuasnya dengan keluarga tercinta. Bagaimana dengan anda? Anda tertarik untuk berkunjung ke kebun binatang ragunan?

Demikianlah artikel saya tentang “Pengalaman Jalan-Jalan Di Kebun Binatang Ragunan”. Semoga bisa menambah sedikit pengetahuan bagi sahabat kalian yang ingin berkunjung kesana. Terima kasih telah membaca artikel saya di blog sederhana saya ini. Wassalamu’alaikum.


EmoticonEmoticon