Sumbodo Manik, Sang Pendiri Kampung Blogger di Magelang

Sekelompok warga yang berada di desa kecil yang ada di Magelang Jawa Tengah, kini mulai berpenghasilan ratusan hingga ribuan dollar amerika per bulannya. Semuanya adalah berkat usaha Sumbodo Malik pendiri Kampung Blogger. Desa Menowo Magelang Jawa Tengah sekarang sedang berubah wajah.

plus google

Dulu Desa Menowo dipenuhi pengangguran. Sekarang sekitar 50an lebih warga desa masing-masing menghasilkan ratusan hingga ribuan dollar Amerika Serikat setiap bulan dari dunia maya. Motor penggerak bisnis online ini adalah seorang pemuda setempat bernama Sumbodo Manik. Sumbodo menuturkan “Tujuan saya waktu itupun sebenarnya cuma ingin berbagi. Supaya anak-anak itu bisa mandiri dan tidak membebani orang tuanya, dan secara finansialpun cukup buat membiayai diri sendiri”.

Baca Juga :
Saya Cinta Pekerjaan Saya Menjadi Seorang Blogger
Ngeblog Itu Kepuasan Pribadi dan Ladang Pahala

Awalnya sungguh sederhana, Sumbodo yang hobi otak-atik komputer suatu saat kehabisan biaya. Belajar sendiri dari internet sesuai hobinya, sumbodo coba menghasilkan uang secara online. Berbekal ketekunan dan kecerdikan dalam melihat peluang, usahanya membuahkan hasil. Tidak lama berselang, rumah dan kendaraanpun bisa terbeli.

Sumbodo yang  tidak ingin menikmati suksesnya sendiri berbagi ilmu kepada warga desa. “Saya selalu berfikir bahwa kalau kita berbagi, maka rejeki itu tidak akan tertukar. Jadi saya tidak pernah berfikir bahwa orang yang saya sharing itu akan menjadi saingan” lanjut Sumbodo. Melihat keberhasilan Sumbodo akhirnya serta keuletan dan keikhlasannya, maka warga desa berbondong-bondong mendatangi Sumbodo untuk belajar padanya. Orang-orang ini tidak mengenal usia baik itu tua ataupun muda. Dimulai dari nol hingga akhirnya bisa, warga dengan tekun belajar bisnis online.

Kepada sesama warga desa, Sumbodo memperkenalkan berbagai cara bisnis online. Sumbodo kembali melanjutkan “Terbentuknya Kampung Blogger itu terdiri atas orang-orang yang bermain CTA, Adsense, Bisnis Online, dan juga ada yang bermain Amazone”. Manfaat ilmu di bisnis internet dari Sumbodo langsung dirasakan banyak warga.

Beberapa warga mengaku sudah bisa memenuhi keinginan dan cita-citanya seperti memberangkatkan haji orang tua, membeli tanah, membeli ruko, beli tanah dan lain-lain. Berkat Sumbodo, kondisi ekonomi Desa Menowo meningkat cepat. Karena semakin besarnya minat masyarakat, maka pada tahun 2009 Sumbodo membentuk komunitas bisnis online.

Desa Menowo akhirnya dikenal sebagai Kampung Blogger. Komunitas tersebut menggelar berbagai kegiatan penunjang bisnis online seperti kursus bahasa inggris. Warga Kampung Blogger tidak pelit ilmu. Para anggota komunitas bentukan Sumbodo ini dengan senang hati mengajarkan cara bisnis online kepada mereka yang membutuhkan, misalnya pada anak-anak yatim piatu. Sumbodo, sang lokomotif gerakan ini terus mendorong anggota komunitasnya agar semakin maju. 


Sumber : Liputan 6 SCTV


EmoticonEmoticon