5 Alasan Kenapa Amerika Serikat Segan Serang Iran

Gesekan antara Amerika Serikat dan Iran memang sudah lama terjadi. Bahkan semenjak beberapa tahun belakangan ini. Namun kenapa Amerika enggan dan segan menyerang Iran? Apa yang melandasi Amerika Serikat berfikir panjang untuk menyerang Iran? Inilah 5 Alasan Kenapa Amerika Serikat Segan Serang Iran.

Image : wikipedia.org

Alasan pertama karena Iran memiliki kapabilitas militer yang mumpuni untuk menghadapi serangan Amerika Serikat dalam beberapa dekade terakhir. Iran tidak seperti negara-negara bekas invasi Amerika Serikat seperti Grenada, Panama, Somalia, Haiti, Bosnia, Serbia, Afganistan dan Irak. Militer Iran jauh lebih berkompeten dan memiliki kemampuan khusus.

Baca Juga :
Pasukan Elite Indonesia Yang Jadi Salah Satu Pasukan Terkuat di Dunia
Kekuatan Armada Tiongkok Yang Menggemparkan Dunia

Iran juga berpengalaman dalam mempelajari taktik dan strategi Amerika Serikat. Melalui pengamatannya melalui perang Irak dalam satu dekade. Bahkan Angkatan Laut Iran juga memiliki keterampilan laut yang baik dalam pertempuran litoral untuk menutup selat hormus dalam waktu yang cukup lama.

Sanksi ekonomi terhadap Iran dengan cara penutupan selat hormus justru bisa menjadi posisi tawar yang tinggi. Yang jelas yang paling terdampak secara signifikan atas tindakan tersebut tentu saja dengan naikknya arga minyak dunia. Alasan kedua sebab Angkatan Darat Iran bersama dengan Korps nya ikut mengawal revolusi Iran dan mereka tidak akan pernah meletakkan senjatanya pada awal serangan Amerika Serikat.

Iran banyak belajar dari Irak dan Afganistan tentang bagaimana mengalahkan Amerika Serikat. Sementara Alasan yang ketiga adalah Kementerian Intelejen Iran yang merupakan salah satu intelejen terbaik di dunia. Kementerian Iran terbukti mampu mengatasi kelompok-kelompok yang bersifat anti Iran selama tiga tahun terakhir.

Bahkan beberapa waktu lalu pengadilan revolusioner Iran menjatuhi hukuman mati kepada seorang pria berketurunan Iran Amerika Serikat, karena terbukti menjadi mata-mata CIA atau Dinas Rahasia Amerika Serikat. Alasan keempat adalah Gerakan Perlawanan Hisbullah yang kemungkinan besar membantu perlawanan Iran terhadap Amerika Serikat.

Hasan Nasrallah, Sang pemimpin Hisbullah mengancam Amerika Serikat dan Israel untuk tidak menyerang fasilitas nulir yang ada di Iran. Sebab jika itu sampai mereka lakukan, maka akan memancing perang yang lebih besar dan melibatkan banyak pihak. Dan alasan yang kelima sebab Iran mempunyai kemampuan yang mengesankan di dalam perkembangan dunia maya. Iran memiliki Hecker yang bisa melumpuhkan sistem radar dan juga militer Amerika Serikat, sehingga Iran diklaim mampu menembakkan nuklirnya tanpa diduga-duga dan diketahui oleh pihak Amerika Serikat.



Sumber : TvOne


EmoticonEmoticon