Inilah Cara Sauna Untuk Membersihkan Kulit

Tidak ada yang lebih baik dari berkeringat untuk mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh. Tidak hanya meningkatkan aliran darah ke bagian organ-organ tubuh dan juga merilekskan pikiran dan tubuh, namun juga kalau sauna dilakukan dengan rutin maka bisa membersihkan kulit anda. Nah, Inilah cara sauna untuk memberihkan kulit dari timbulnya jerawat.
Image by : pixabay.com


# Kenapa Keringat Itu Baik?

Agar anda lebih paham tentang manfaat terbaik dari sauna, anda harus mengerti terlebih dahulu tentang apa yang terjadi saat orang berkeringan. Marilah kita lihat dari perspektif olahraga: selama anda melakukan latihan kebugaran, aliran darah, detak jantung, dan sirkulasi akan mengalami peningkatan. Pada waktu yang bersamaan, pori-pori kulit akan semakin membesar lalu keringat akan mengeluarkan racun-racun yang tersembunyi pada pori-pori tersebut. Lebih sedikit racun yang ada, maka lebih sedikit pula sumbatan ataupun komedo di pori-pori, ini akan menjadikan kulitpun menjadi lebih halus.

Baca Juga :
4 Gaya Renang Yang Paling Baik Dalam Membakar Kalori
5 Cara Mudah Mencegah Bau Mulut Di Pagi Hari

Aktivitas fisik yang diganti dengan sauna mempunyai efek yang hampir mirip.  ‘’Uap panas yang berasal dari sauna akan meningkatkan aliran darah, dimana kemudian akan menurunkan darah, ‘’kata Marina Peredo, M.D., dari Skinfluencee NYC.  “Jantung yang detaknya semakin meningkat membuatnya semakin efektif. Layaknya seperti olahraga, meningkatnya sirkulasi menunjukkan semakin banyaknya nutrisi yang disalurkan ke dalam kulit,’’ tambahnya.

# Bersihkanlah Kulit Anda Untuk Hasil Yang Maksimal

Sedangkan alasan untuk anda sauna, apakah itu untuk rileks sesudah berolahraga ataupun memang meluangkan waktu khusus untuk sauna, maka anda jangan lupa membersihkan dulu kulit anda sebelum anda masuk ke ruang sauna. Bersihkanlah terlebih dahulu keringan yang keluar selama melakukan olahraga, begitu juga kalau anda memakai produk perawatan kulit seperti pembalap ataupun krim tabir surya. Ini bertujuan supaya racun-racun bisa keluar lebih gampang dan mudah bersamaan dengan keringat.

Hal yang penting yang harus anda ingat adalah jangan lupa minum sebelum, selama, dan setelah melakukan sauna. Jangan sampai tubuh anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Disamping itu, hindarilah bertahan diri di dalam sauna lebih dari 10 menit. Uap panas sauna dapat menurunkan sirkulasi dan fungsi dari tubuh. Kalau memungkinkan sesudah anda bersauna, lanjutkanlah dengan masuk ke dalam kolam renang ataupun mandi dengan menggunakan air hangat suam-suam kuku agar keringat bisa bersih dari kulit.

‘’Disaat anda berkeringat, tubuh akan melepaskan banyak garam, nah, inilah yang harus segera dibersihkan sesudah berkeringat,’’ ujar Peredo. ‘’Kombinasi dari garam, lemak, dan juga bakteri justru bisa menyebabkan timbulnya jerawat.’’Peredo pun mengingatkan tentang kemungkinan adanya penumpukan keringat di kulit kepala. ‘’Penumpukan di kulit kepala dapat mengakibatkan peradangan dan juga iritasi di sekitar folikel rambut.

Jadi, pastikan membersihkan kulit kepala dan menggosoknya dengan menggunakan tangan anda,‘’ jelasnya. Setelah kulit dibersihkan, maka turunkan termperatur air. Air dingin bisa mengembalikan aliran darah ke organ vital pada tubuh dan membantu untuk menutup kembali pori-pori pada ukuran awal, setelah semuanya dibersihkan dengan sempurna. Sesudah anda selesai mandi, keringkan kulit anda dan pakailah pelembab supaya kulit tidak lagi kering dan kelembabannya bisa terjaga.

# Tidak Semua Orang Bisa Bersauna

‘’Mereka yang memiliki masalah kulit dermatitits atopik wajib menghindari sauna,’’ kata Peredo.‘’Begitu juga kalau seseorang mempunyai masalah jantung dan juga vertigo,’’ tambahnya.





Sumber Rujukan : Kompas.Com


EmoticonEmoticon