7 Hal Yang Harus Anda Lakukan Untuk Mengatasi Kebotakan

Pada saat anda mandi, terdapat banyak sekali rambut yang mengalir bersamaan dengan air di kamar mandi. Lalu anda pun melihat ke cermin, dan anda melihat bahwa rambut anda mulai menipis. Kalau hal seperti ini terjadi kepada anda, maka anda tidaklah sendiri. Sebab sebenarnya penyebab semua ini adalah gaya hidup dan genetika anda. Anda tidak akan bisa mengubah gen anda, namun anda masih bisa mengubah pola hidup supaya anda bisa lebih bersahabat dengan rambut.

Image by : pixabay.com

Hal yang dapat anda lakukan agar penipisan rambut anda tidak semakin parah, sebagai berikut :

1.    Jangan Stres


‘’Tekanan psikososial yang cukup signifikan bisa menyebabkan kerontokan rambut,’’ jelas Dr Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian dermatologi klinis di Mount Sinai Hospital yang berada di New York City, Amerika Serikat. Stres dapat memicu terjadinya fenomena yang disebut dengan telogen effluvium, yakni saat rambut masuk fase ‘’istirahat’’ maka ditandai dengan adanya kerontokan dalam jumlah yang banyak. ‘’Hal ini bisa terjadi setelah prosedur pembedahan besar,’’ jelas Dr. Zeichner. Dan teknik manajemen stres merupakan kunci dari semua itu. Anda pun bisa memilih, apakah anda lebih suka meditasi, olahraga di gym, ataupun yoga.

2. Coba perhatikan apa yang anda makan

‘’Protein sangatlah penting bagi rambut yang sehat,’’ kata Dr Zeichner. Zat besi juga penting. ‘’Pilih daging yang rendah lemak semisal unggas, ikan, dan kacang-kacangan. Zat besi pun juga penting. Kurangnya zat besi bisa mengakibatkan anemia. Sedangkan anemia sendiri bisa menjadikan rambuat anda rontok sedikit demi sedikit. Biotin, seng dan magnesium juga dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut sehat anda.

3. Konsumsilah Suplemen

Dengan mengonsumsi suplemen yang alami dirancang agar pertumbuhan rambut meningkat sehingga andapun merasa terbantu dengan obat tersebut. Mengonsumsi multivitamin juga bisa mendorong pertumbuhan rambut anda, kata Dr Zeichner.

4. Pakai Pengobatan Topikal

Satu-satunya pengobatan topikal yang sudah disetujui oleh FDA bagi rambut yang rontok ialah minoxidil. Minoxidil sangat berguna membantu memperpanjang tahap pertumbuhan aktif rambut dan bisa melancarkan suplai oksigen dan serta nutrisi ke folikel rambut.

5. Cobalah Memakai Minyak Esensial

Sebagai alternatif lainnya, penggunaan minyak esensial mungkin dapat anda coba. Di dalam sebuah penelitian yang kecil, pasien areata alopecia yang diberikan terapi pijat rosemary, peppermint, thyme, dan lavender dengan memakai campuran jojoba ataupun minyak biji anggur di kulit kepala mereka tiap hari, mengalami perbaikan pada pertumbuhan rambut sampai dengan 44 persen.

6. Rawatlah Rambut Anda Secara Hati-Hati

Cara yang lainnya agar helai demi helai rambut anda bisa dipertahankan, maka anda harus memperlakukan rambut anda dengan baik. Jangan melakukan gerakan menyisir secara kasar.

7. Segera Hilangkan Ketombe Anda

Adanya ketombe juga bisa berakibat pada rambut yang rontok. ‘’Rasa gatal menjadikan anda menggaruk-garuk dan pada akhirnya terjadilah pengelupasan kulit kepala dan juga peradangan.’’ Maka hasil akhirnya adalah rambut anda jadi berguguran. Cobalah menggunakan sampo anti ketombe yang sudah banyak dijual. Baik itu yang dijual di apotik maupun supermarket agar ketombe anda segera enyah.


Sumber Rujukan : Kompas.Com



EmoticonEmoticon