Patung Pemuda Membangun Bediri Kokoh Di Bundaran Senayan

Halo sahabat sekalian, bagaimana kabar kalian hari ini? Tentunya senantiasan baik-baik saja ya. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin berbagi artikel singkat tentang ‘Patung Pemuda Membangun Bediri Kokoh Di Bundaran Senayan’. Artikel ini saya buat sebagai sarana informasi kepada kita semua untuk mengenal lebih jauh tentang Patung Pemuda Membangun yang saya yakin tidak semua orang tahu akan sejarah patung yang berdiri kokoh di Bundaran Air Mancur Senayan ini. 


Sebutan lainnya untuk Patung Pemuda Membangun adalah Patung Pizza Man. Patung ini merupakan monumen yang berada tepat di tengah-tengah bundaran air mancur Senayan. Lokasinya tidak jauh dari pusat pertokoan yang cukup terkenal di Jakarta Selatan yaitu Ratu Plaza. Pembuatnya merupakan tim patung yang dipimpin oleh Imam Supardi yaitu Insinyur Seiman Arsitektur (ISA).

Baca Juga :
Inilah 8 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Harus Dikunjungi
Sejarah Tugu Jogja Yang Menjadi Landmark Kota Jogjakarta

Kala itu penanggung jawab pelaksananya dipegang oleh Munir Pamuncak. Patung ini dibuat bukan tanpa tujuan, melainkan dibuat dengan tujuan agar mampu mendorong semangat untuk membangun yang hakekatnya haruslah dilakukan oleh para pemuda kita ataupun bagi orang-orang yang berjiwa muda. Oleh sebab itulah mengapa patung ini diberi nama sebagai ‘Patung Pemuda Membangun’. 

Pembuatan patung tersebut diletakkan di Bundaran Air Mancur Senayan dengan alasan lokasi ini cukup praktis dan strategis. Kenapa disebut praktis? Karena tempatnya dianggap luas dan memenuhi persyaratan agar bisa memasang patung yang berukuran besar dan strategis karena lokasi tersebut adalah titik pertemuan dari dan ke segala penjuru kota Kebayoran Baru dan daerah sekitar. Disamping itu letak patung ini juga tidak jauh dari kompleks olahraga Senayan dan juga dari Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat. 

MENGENAI ASAL MULA PATUNG PEMUDA MEMBANGUN

Menurut penjelasan para ahli, patung ini diciptakan menggunakan beton bertulang dengan adukan semen dan pada bagian luarnya dilapisi dengan bahan teraso. Pengerjaanya dimulai pada bulan Juli 1971 dan peresmiannya diadakan pada bulan Maret 1972. Semula, rencananya peresmiannya akan dilakukan di acara Peringatan Hari Sumpah Pemudah tanggal 28 Oktober tahun 1971. 

Akan tetapi pada waktuitu patung belum selesai didirikan sehingga proses peresmian ditunda sampai beberapa bulan. Biaya pembuatan patung seluruhnya ditanggung oleh perusahaan Pertamina. Saat itu Ibnu Sutowo sebagai puncak pimpinan tertinggi ikut memegang peran. Kenapa patung tersebut dinamakan ‘Pemuda Membangun’? Sebab patung tersebut mengambarkan seorang pemuda yang membawa obor dengan semangat yang begitu berkobar-kobar. 

Sekilas kalau dilihat dari jauh patung ini seperti tidak menggunakan busana, guratan-guratangan serta gumpalan otot-otot yang ditonjolkan didesain untuk mendukung ekspresi gerakan dari tokoh pemuda. Sedangkan obor sendiri bermakna sebagai alat penerangan dan memiliki arti filosofis yaitu menerangi hati dan jiwa yang gelap. Hal ini digambarkan sebagai harapan pada kaum pemuda untuk ikut mengambil peran penting dalam usaha untuk membangun bangsa. 

Para pemuda diharapkan ikut berpartisipasi aktif untuk memajukan bangsa sangatlah diperlukan sebab lewat tangan para pemuda lah terletak cita-cita dan harapan bangsa. Patung ini memiliki tinggi yang cukup menjulang. Upaya perawatan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, antara lain lewat Dinas Pertanaman dan Dinas Pemadam Kebakaran yang bertugas memandikan patung. 

Demikianlah artikel singkat saya tentang ‘Patung Pemuda Membangun Bediri Kokoh Di Bundaran Senayan’ ini. Semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semua agar lebih tahu tentang asal-usul Patung Pemuda Membangun. Terima kasih banyak saya ucapkan pada para pembaca yang sudah singgah di blog saya yang sangat sederhana ini. Semoga saya terus bisa memberikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi anda semua. 


EmoticonEmoticon