Memberikan Madu Pada Bayi Dibawah Umur 1 Tahun Dilarang, Kenapa?

Halo sahabat sekalian, apa kabar kalian hari ini? Tentunya baik-baik saja bukan. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan berbagi artikel yang diberi judul ‘Memberikan Madu Pada Bayi Dibawah Umur 1 Tahun Dilarang, Kenapa?’. Tujuan dari artikel ini hanya sekedar berbagi informasi yang bermanfaat bagi pembaca sekalian. 


Biasanya beberapa orang tua memberikan anak bayinya madu saat dia belum genap berumur 1 tahun. Hal ini biasa dilakukan terhadap bayi umumnya agar si bayi mau mengecap rasa. Para orang tua juga sengaja memberikan madu pada bibir bayu supaya terlihat merah. Hal seperti ini ternyata dilarang menurut berita yang dilansir oleh Nayakatara.com.

Baca Juga :
Tahukah Anda Kenapa Bayi Sering Rewel Saat Tidur? 
9 Fakta Menarik Tentang Bayi Tabung

The American Academy of Pediatrics justru melarang memberikan madu kepada bayi dibawah usia 1 tahun. Katanya, madu dalam bentuk apapun tidak boleh. Bahkan menurut mereka, makanan maupun minuman yang didalamnya mengandung madu tidak boleh diberikan kepada si anak. Kenapa demikian? Di dalam madu itu terkandung spora botulisme yang bisa mengakibatkan keracunan pada sang bayi.

Masalah ini bisa terjadi saat lebah melakukan tugasnya untuk menyebarkan puttik sari ke tanah dan menghisapi sari buahnya. Hal inilah yang mengakibatkan banyaknya madu pada lebih yang tidak sampai melewati proses pasteurisasi. Dalam masalah ini, spora yang A terdapat di madu biasanya terdapat di sayuran yang belum melalui proses pencucian.

Oleh karena itu, inilah yang mengakibatkan seorang anak bayi yang usianya masih dibawah 12 bulan tidak diperkenankan mengonsumsi madu. Sebab si bayi belumlah memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna, jadi dia akan mudah terserang penyakit. Dokter spesiali anak bernama Arianti Widodo mengatakan bahwa kandungan botulinium di dalam madu mempunyai efek yang memiliki potensi merusak tubuh anak-anak.

Sebab, senyawan yang terkandung di dalamnya bisa mengakibatkan kejang otot. Madu yang mengandung botulisme bisa mengakibatkan penyakit yang serius bahkan bisa membuat si anak lumpuh, sebba anak tersebut masih dibawah usia 1 tahun dan dia tidak memiliki kemampuan unntuk melawan. Oleh karena itu, sebaiknya madu itu baru bisa diberikan kepada anak yang usianya sudah menginjak 2 tahun. Sebab anak yang berusia diatas 2 tahun telah mempunyai sistem kekebalan tubuh sendiri.

Demikianlah artikel sederhana ini dengan judul ‘Memberikan Madu Pada Bayi Dibawah Umur 1 Tahun Dilarang, Kenapa?’. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan membantu para orang tua agar lebih waspada dalam memberikan asupan makanan kepada si buah hati. Saya berterima kasih banyak kepada para pembaca karena telah sudi untuk berkunjung ke blog saya yang sangat sederhana ini. Semoga di lain kesempatan kita bisa bertemu lain dengan pembahasan artikel yang mudah-mudahan semakin menarik dari hari kehari.


EmoticonEmoticon