5 Oleh-Oleh Ini Jangan Lupa Untuk Anda Beli Saat Anda Berkunjung Ke Surabaya

Kota Surabaya sebagai salah satu Kota Pahlawan yang merupakan salah satu magnet dari pariwisata di Indonesia. Wisata kuliner, wisata sejarah, sampai wisata keluarga yang lengkap tersedia di Kota Surabaya. Kalau anda sedang berkunjung ke Surabaya, maka sempatkanlah untuk membeli oleh-oleh khas dari kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia tersebut. Lalu, apa sajakah oleh-oleh unik yang dapat dibeli untuk keluarga anda ataupun teman-teman tercinta adan dirumah? Berikut ini disajikan data-data yang sudah dirangkum tentang beberapa oleh-oleh yang dapat anda beli di Surabaya.


1. Almond Crispy

Almond Crispy adalah salah satu cemilan ciri khas Surabaya yang sangat digemari oleh para warga Surabaya. Tidak hanya warga-warga Surabaya saja, tetapi juga para wisatawan yang hendak berkunjung ke Surabay turut menyukai makanan ini dan membawa serta almond crispy sebagai salah satu oleh-oleh mereka. ‘’Rasa dari almond crispy itu sangatlah gurih dan enak. Teksturnya sangat tipis dan lembut, juga kriuk saat dimakan. Ini mungkin karena banyak sekali orang yang menyukai makanan ini, harnganya yang hanya Rp. 30.000 – Rp. 40.000’’. ujar dari salah satu warga Surabay yang diwawancarai. Ada banyak produsen almond crispy di Surabaya, varian rasnaya pun sangat beragam, ada yang rasa vanila, original, green tea, cokelat, keju dan lain-lainnya. Toko oleh-oleh yang menyediakan almond crispy pun tersebar di seluruh Surabaya, misalnya di Wisata Rasa, CRS, Lusiana, Maria Law, d’Ollinos dan lain sebagainya.

2. Cak Cuk Surabaya

Bila di Bali ada Joger dan di Jogja ada Dagadu sebagai penyedia oleh-oleh kaos dan baju, maka di surabayapun ada Cak Cuk. Seperti halnya dengan produsen kaus tersebut, Cak Cuk juga menawarkan suatu desain kaus yang sangat unik dan kreatif. Outlet Cak Cuk Surabaya yang paling terkenal berada di Jalan Dharmawangsa 35. Kaus yang dibuat dengna menggunakan desain unik memang masih jadi favorit oleh-oleh anak-anak mereka dari penglihatan para wisatawan. Akan tetapi tidak hanya kaus saja yang dijual, akan tetapi juga pin, mug, magnet dan juga bermacam tas dan lain sebagainya.

3. Sambal Bu Rudy

Bagi anda yang sangat mencintai makanan yang diolah pedas, maka Sambal Bu Rudy ini masuk di dlam daftar oleh-oleh saat berkunjung ke Surabaya. Tiap hari, toko Sambal Bu Rudi yang sangat terkenal di Jalan Dhamahusada No. 140 ini selalu dipadati oleh pembelinya. Banyak kalangan yang mengatakan bahwa Sambal Bu Rudi identik dengan kelezatan dan kepedasannya. Varian rasanya pun sangat beragam, ada sambal jenis terasi, sambal bajak, sambal ijo , sambal ikan peda, sambal udang, sambal bawang dan lain sebainya.

4. Kerupuk Ikan Kenjeran

Bagi anda penyuka makanan ringan seperti kerupuk, maka anda jangan khawatir kalau berkunjung ke kota Surabaya, sebab di Surabaya anda bisa menemukan oleh-oleh yang pas yaitu kerupuk ikan kenjeran. Kerupuk ikan kenjeran ini merupakan salah satu kerupuk khas yang bisa berasal dari Surabaya. Ternyata tidak hanya rasa ikannya saja yang bisa anda temui, akan tetapi juga hasil lahan di laut lainnya seperti cumi, kerang bahkan rumput laut juga. Kerupuk ikan kenjeran dapat anda temui di sekitaran jalan Sukolilo ataupun kawasan Pantai Kenjeran. Harga per kilogramnya sekaligus ditaksir anda 15.000 – 300.000.

5. Spikoe Resep Kuno

Satu lagi makanan yang tidak boleh anda lewatkan untuk anda bawa sebagai salah satu oleh-oleh dari kota Surabaya, yaitu Spikoe Resep Kuno. Spikoe Resep Kuno adalah kue lapis lezt yang memakai resep kuno sehingga cita rasanya tetap terjaga sedari dulu. Ciri khas dari kue lapis ini adalah warna tiga lapisnya saja, yaitu kuning, coklat dan kungin. Spikoe Rsep Kuno berlokasi di Jalan Rungut Madya 41, Surabaya. Ada dua pilihan pake yang disedikan secara reguler dan spesial. Paket spesial biasanya tersedia di hari-hari besar, contohnay hari raya Idul Fitri, Imlek dan Tahun Baru.


EmoticonEmoticon