3 Tips Ini Mampu Turunkan Berat Badan Meski Bukan Diet

Banyak orang yang sudah berusaha keras untuk menurunkan berat badan. Jika berbicara tentang masalah ini, tentunya yang terlintas di pikiran setiap orang pastinya masalah makanan dan diet. Tapi sebenarnya diet bukan satu-satunya cara yang harus dilakukan jika ingin menurunkan berat badan. 


Banyak orang yang salah paham tentang hal itu, sehingga setiap tahun baru tiba maka saat itu pula program diet dijalankan. Namun beberapa waktu lalu, ada sebuah survey yang dilakukan oleh Aldi. Hasilnya terlihat bahwa hanya sebanyak 9 persen saja dari mereka yang berpegang teguh pada resolusi diet tersebut.

Baca Juga :
13 Buah Yang Mengandung Racun Mematikan
Bahaya Tidur Sesudah Makan

Sebenarnya, untuk menurunkan berat badan itu tidak susah-susah amat. Anda hanya perlu menjalankan beberapa kebiasaan sehat saja. Bahkan, beberapa dari kegiatan tersebut malah tak berhubungan sama sekali dengan berat badan.

Seperti apa yang telah dilansir oleh Women’s Health, berikut ini 3 Tips Ini  Mampu Turunkan Berat Badan Meski Bukan Diet, antara lain  :

1. Tidur Lebih Banyak


Hal ini memang terdengar aneh dan tidak masuk akal. Namun perlu anda ketahui bahwa, saat anda kurang tidur, maka untuk melakukan pemantauan terhadap diet atau olahraga yang anda jalankan. Bahkan ada sebuah studi yang dikeluarkan di European Journal of Clinical Nutrition bahwa partisipan yang jangka tidurnya 5,5 jam per malam keesokan harinya ia akan makan lebih banyak hingga 385 kalori. Kebiasaan kurang tidur juga cenderung mempunyai bermacam jenis makanan yang berbeda-beda. Sehingga protein sering dilewatkan dan justru lebih banyak makan makanan yang berkalori tinggi.

2. Memfokuskan diri pada tindakan bukan hasilnya

Memasak makanan sendiri adalah salah satu cara yang bisa diterapkan agar hidup lebih sehat. Mau tau caranya? Berikut ini akan diterangkan beberapa tips untuk mempraktekkannya di rumah. Tetapkanlah target anda, tapi selanjutnya anda mundurlah. Lalu tentukanlah tindakan apa sajakah yang diperlukan untuk bisa mencapai target yang anda tetapkan tadi.

Sebagai contoh, saat anda berencana ingin menurunkan berat badan, maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah menetapkan berapa lama waktu yang anda perlukan untuk bisa mencapainya. Selanjutnya lakukan tindakan-tindakan kecil yang bisa mendukung tercapainya target anda.

Makanlah makanan yang berprotein di waktu makan, berhentilah minum soda, dan isilah setengah dari piring anda dengan sayur-sayuran. Itulah tindakan yang perlu anda lakukan agar perubahan yang anda harapkan bisa tercapai. Setiap tindakan yang sudah ditetapkan tadi bisa dilaksanakan secara konsisten, maka soal hasil, anda tinggal menunggu waktunya saja.

3. Jangan Menyiksa Diri Sendiri Dengan Makanan

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa, dengan mengurangi atau memangkas porsi makan, maka akan membuat perut menjadi menciut. Apakah hal tersebut benar? Memakan makanan itu seharusnya bisa dinikmati. Di dalam makanan itu ditawarkan berbagai macam hal disamping nutrisi.

Mereka semua akan mengisi tubuh dan juga pikiran. Fungsi makanan bisa menciptakan koneksi antar manusia dan percakapan. Dengan makanan tersebut maka sukses tidaknya anda akan ikut ditentukannya. Seumpama anda bersama dengan teman-teman anda keluar bersama terus makan dan minum dalam jumlah yang banyak, maka hal itu tidak usah dipusingkan karena semua itu telah terjadi.

Fokuskan diri anda pada apa yang telah anda lakukan saat ini. Perhatian anda harus anda pusatkan kepada langkah-langkah anda, bukan pada apa yang telah terjadi. Tiga hal yang telah diterangkan diatas tidak ada hubungannya dengan diet maupun makanan.

Otak dan pikiran itu memiliki hubungan erat dengan pola makan sehat yang dipilih, bila dibandingkan dengan urusan perut. Ketika pola pikiran anda diisi dengan hal-hal yang sehat, maka otomatis segala sesuatunya akan berjalan dengan semestinya dan lambat laun berat badan anda akan turun dengan sendirinya.


EmoticonEmoticon