6 Kebiasaan ini Bisa Buat Anda Cepat Pikun Lebih Awal

Assalamu’alaikum, halo sahabat sekalian. Apa kabar kalian hari ini? Tentunya baik-baik saja bukan. Semoga kalian tetap dalam lindungannya dan senantiasa dikaruniani rizky yang banyak dan berkah ya, amin. Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel sederhana untuk anda semua dengan judul “6 Kebiasaan ini Bisa Buat Anda Cepat Pikun Lebih Awal”. Meningat persoalan pikun ini menjadi persoalan yang sudah biasa terjadi di tengah-tengah masyarakat. 


Apabila daya ingat anda sudah mulai melemah, maka hal tersebut tidak baik dan bisa berujung pada kepikunan. Penyakit tersebut bisa menghinggapi diri anda saat anda berusia tua nanti. Penyakit pikut tidak hanya menimpa orang yang sudah lanjut usia saja, tapi juga bisa menimpa pada orang-orang sering meninggalkan kebiasaan baik yang bisa menambah ingatan mereka.

Baca Juga :
6 Cangkir Kopi Setiap Hari Bisa Bikin Gemuk Anda
Diet Dengan Jus Buah Tidak Disarankan Oleh Ahli Kesehatan 

Nah, berikut ini 6 kebiasaan yang bisa buat anda cepat pikun lebih awal, seperti apa yang telah dirilis oleh lifehack.org.

1. Kurang Tidur


Berbagai alasan dilontarkan oleh seseorang yang kurang tidur. Mulai dari alasan lembur sampai dengan alasan bergadang hanya sekedar iseng. Jika kebiasaan ini terus anda lakukan, maka lama kelamaan hal ini akan membuat anda sering merasa lupa. Kenapa demikian? Karena tubuh anda sudah lelah, dan itulah yang menyebabkan anda jadi kurang konsentarasi terhadap apapun yang anda kerjakan. Tidur yang cukup akan mempertajam daya ingat anda. Oleh karena itu lakukan tidur yang cukup antara tujuh sampa 9 jam setiap harinya.

2. Kurang Olahraga

Sebaiknya anda melakukan olahraga secara rutin paling tidak 2 sampai 3 kali selama seminggu. Sebab orang yang kurang olahraga cenderung akan mengendurkan daya ingatnya. Inilah yang mengakibatkan seseorang yang kurang berolahraga akan lebih besar terhadap resiko kepikunan. Badahal sudah banyak orang yang membuktikan bahwa dengan berolahraga daya ingat seseorang menjadi lebih baik. Otak pun akan diberikan kesempatan untuk memperoleh oksigen dan nutrisi disaat anda melatih tubuh anda. Ingat, olah raga itu tidak usah terlalu lama, cukup 20 sampai dengan 30 menit saja sudah cukup. Asalkan anda lakukan secara konsisten, maka yakinlah bahwa otak anda akan selalu terlatih sehingga anda tidak mudah pikun.

3. Kurang Istirahat

Jangan terlalu memaksakan diri saat sudah lelah bekerja. Beristirahatlah, karena kalau tidak anda bisa bersiko terkenal penyakit mudah lupa. Walaupun hanya sebentar, beristirahat sejenak bisa memulihkan otak anda dan menjadikannya fresh sehingga anda bisa mengolah informasi dengan baik dan benar. Oleh karena itu segera beristirahatlah saat anda merasa anda sudah tidak bisa berkonsentrasi, bisa jadi itu disebabkan anda terlalu capek. Istirahat 15 sampai 20 menit akan mengembalikan konsentrasi anda seperti sedia kala.

4. Tidak Mau Mengasah Otak

Orang sedewasa anda mungkin akan dianggap seperti anak kecil kalau anda melakukan permainan. Karena selama ini image permainan itu identik dengan anak-anak. Padahal jika mau menelaah, permainan itu ternyata bisa mengasah otak seseorang, bisa meningkatkan konsentrasi, sehingga dia bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Pilihlah permainan-permainan yang cenderung mengasah otak, jangan pilih permainan yang berkesan malas-malasan. Anda bisa memasukkan beberapa permainan di dalam smartphone anda dan bisa anda mainkan disaat anda sedang senggang.

5. Kurang Konsumsi Makanan Yang Sehat

Sebagian orang beranggapan bahwa makanan sehat itu mahal dan sulit didapat dan diolah. Hal ini menyebabkan banyak orang yang lebih memilih membeli makanan yang cepat saji yang sebenarnya tidak sehat bagi kesehatan. Tahukah anda bahwa konsumsi makanan sehat yang kurang bisa mengakibatkan seseorang cepat mengalami kepikunan. Oleh karena itu sudah saatnya anda mengkonsumsi makanan sehat mulai dari sekarang. Banyak pilihan yang bisa anda dapatkan seperti banyak mengkonsumsi berbagai macam buah, meminum air putih lebih banyak. Sehingga daya ingat anda akan senantiasa terjaga dan andapun hidup dengan sehat.

5. Tidak Mau Bermeditasi

Meditasi merupakan suatu tradisi kuno yang sudah diwariskan para leluhur untuk mempertajam konsentrasi dan meningkatkan daya ingat. Kebalikannya, tidak mau melakukan meditasi bisa berakibat pada turunnya daya ingat. Proses keheningan dan kesendirian yang ada di dalam proses meditasi membuat orang yang melakukannya akan merasa tenang karena berbagai gangguan yang ada di luar sudah tidak dihiraukan lagi. Lakukan 10 menit saja dalam sehari, maka akan membantu anda meningkatkan daya ingatan serta akan membuat anda lebih berkonsentrasi saat bekerja.

Demikianlah artikel sederhana saya ini dengan judul “6 Kebiasaan ini Bisa Buat Anda Cepat Pikun Lebih Awal”. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita bersama dan bisa kita terapkan di dalam kehidupan kita. Saya mengucapkan banyak terima kasih karena kalian bersedia berkunjung kedalam blog saya yang sederhana ini . Wassalamu’alaikum.


EmoticonEmoticon