Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Yang Jarang Diketahui Orang

Di tengah masyarakat Indonesia Manfaat Daun Sirsak sangatlah populer. Apalagi sesudah adanya penelitian yang membuktikan bahwasanya daun sirsak ini bisa mengobati penyakit kanker. Sebagaimana yang sudah diketahui, daun sirsang memang mempunyai kandungan yang khusus yang bisa mengatasi dan menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis. Maka tidaklah mengherankan kalau sudah banyak penelitian yang berhasrat untuk meneliti khasiat-khasiat apa saya yang terkandung di dalam daun sirsak. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang manfaat dan khasiat dari daun sirsak untuk kesehatan tubuh manusia.


Baca Juga :
7 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Anda
Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan 

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, antara lain :

1. Mengobati Asam Urat

Dengan mengkonsumsi daun sirsak dengan teratur, maka akan dapat mengobati penyakit asam urat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya obat asam urat yang memakai daun sirsak untuk dipakai sebagai bahan utamanya. Untuk menjadikan daun sirih sebagai obat asam urat, maka anda perlu merebus daun sirsak sekitar 6 sampai 10 lembar yang sudah dibersihkan dengan memakai 2 gelas air sampai mendidih dan menyisakan 1 gelas. Agar hasilnya maksimal, maka minumlah obat herbal ini selama 2 kali dalam sehari. 

2. Bisa Mengobati Luka Luar

Manfaat daun sirsak berikutnya adalah sebagai obat luka luar. Obat ini bisa dipakai untuk anda yang sedang terluka pada kulit seperti eksim, sebab terjatuh, dan sebab-sebab lainnya. Cara membuat oleh terbilang mudah, anda hanya diminta menghaluskan daun sirsak beberapa lembar. Kemudian tempelkan langsung di bagian kulit yang sedang terluka dan diamkanlah sekitar 30 menit. Sesudah kering anda bisa membersihkannya.

3. Bisa Mengatasi Sakit Punggung

Permasalahan sakit punggung pasti sering dialami oleh kebanyakan orang terutama orang-orang yang sudah langsia. Memakai obat-obatan kimia di dalam mengatasinya akan mengakibatkan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan. Oleh sebab itulah, mengkonsumsi obat-obatan herbal bagi orang yang sakit punggung bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Cara menggunakannya cukup mudah, anda hanya perlu merebus 20 lembar daun sirsak dengan air sebanyak 5 gelas sampai hanya tersisa 3 gelas saja. Sesudah itu, minumlah obat herbal ini sebanyak ¾ cangkir sebanyak sekali dalam sehari.

4. Mengobati Penyakit Diabetes

Daun sirsar ternyata memiliki manfaat lain untuk mengobati penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena di dalam daun sirsak terkandung nutrisi yang sudah teruji dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh manusia sehingga daun ini bisa menjadi obat herbal untuk mengatasi penyakit diabetes. Cara membuat obat herbal berbahan dasar daun ini cukup mudah, yaitu pertama-tama siapkan terlebih dahulu daun sirsak sebanyak 2 sampai 5 lembar, lalu cuci dengan menggunakan air yang mengalir, rebus dengan menggunakan air sebanyak 3 gelas sampai hangat, biarkan air mendidih sampai tersisa 1 gelas. Setelah itu angkat dan minumlah selagi hangat. Agar hasil yang diinginkan bisa maksimal, maka minumlah obat ini setiap hari sampai 3 atau 4 hari. Anda juga disarankan meminum setiap pagi dan sore.

6. Sebagai Antibodi

Selanjutnya, manfaat daun sirsak juga bisa digunakan sebagai antibodi. Perlu anda ketahui bahwa kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya yang terdapat di dalam daun sirsak bisa meningkatkan daya imun tubuh dan menghindarkan dari infeksi di dalam tubuh manusia. Dengan itu maka tubuh otomatis akan terhindari dari macam-macam penyakit yang mematikan. Caranya cukup mudah yaitu dengan merebus 4 hingga 5 lembar daun sirsak dicampur dengan 4 gelas air. Biarkan rebusan sampai mendidih dan tersisa 1 gelas lalu angkat. Rebusan daun sirsak ini jika diminum secara teratur, maka kesehatan kita akan senantiasa terjaga dan selalu dalam kondisi fit.

6. Mampu Meredakan Nyeri Otot

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak maka hal itu diyakini akan mampu meredakan nyeri otot. Ternyata kandungan yang terdapat di dalam daun sirsak mampu merelaksasi otot manusia sehingga hal inilah yang menjadikan nyeri otot bisa berkurang.

7. Mampu Menguatkan Saraf

Disamping meredakan nyeri, kehebatan lain dari daun sirsak adalah bisa memperkuat syaraf-syaraf di tubuh manusia supaya bisa bekerja dengan baik. Oleh karena kemampuan daun sirsak tersebut, daun ini bahkan bisa dijadikan untuk obat anti kejang.

8. Bisa Digunakan Untuk Menurunkan Demam

Ternyata daun sirsak juga bisa menjadi obat penurun demam. Dengan merebus beberapa lembar daun sirsak maka hal tersebut bisa diperoleh. Air rebusan daun sirsak yang dihasilkan bisa digunakan sebagai obat penurun demam yang tergolong aman dan alami.

9. Mampu Memperlebar Pembuluh Darah di Dalam Tubuh

Penyakit stroke dan juga jantung bisa terjadi apabila pembuluh darah manusia terjadi penyempitan, dan ini sangatlah berbahaya bagi orang yang mengalaminya. Akan tetapi mulai sekarang anda tidak lagi perlu khawatir, karena sudah banyak obat-obatan herbal yang terbukti ampuh mencegah terjadinya hal tersebut, salah satunya adalah daun sirsak. Tahukan anda bahwa air rebusan daun sirsak mampu untuk melebarkan pembuluh darah? Dan ternyata dengan meminum air rebusan daun sirsak, maka pembuluh darah akan lancar.

10. Bisa Membunuh Cacing Parasit

Selanjutnya, manfaat daun sirsak adalah mampu membunuh cacing parasit. Anak-anak sangatlah rentan untuk terjangkit cacing parasit, sebeb mereka sering bermain di tempat-tempat yang cenderung kotor serta tidak memakai alas kaki saat bermain. Nah, dengan menggunakan air rebusan daun sirsak maka cacing parasit di dalam tubuh bisa dimatikan tanpa mengakibatkan efek samping.

11. Mampu Mengatasi Masalah Rematik

Umumnya penyakit rematik lebih sering dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Para penderita rematik ini biasanya akan merasakan nyeri dan sakit pada tulang mereka. Bahkan tidak jarang pula dari mereka tidak mampu mengerjakan pekerjaan seperti biasanya dikarenakan penyakit ini. Untuk cara penggunaan daun sirsak untuk mengatasi penyakit ini berbeda dengan obat-obat yang lainnya. Pertama-tama anda harus menghaluskan dulu daun sirsak yang sudah dicuci dan dibersihkan. Lalu oleskanlah pada area tubuh yang mengalami nyeri, eksim ataupun arhritis sebanyak 2 kali dalam sehari dan dilakukan secara teratur. Setelah itu diamkan selama beberapa menit sampai olesan daun sirsak tersebut mulai mengering.

12. Mampu Mencegah Tumor Untuk Berkembang

Ternyata manfaat daun sirsak yang cukup luar biasa yang lainnya adalah kemampuannya dalam menekan perkembangan penyakit tumor. Kandungan yang terdapat di dalam daun sirsak sangat ampuh untuk memerangi berkembangnya tumor di dalam tubuh manusia.

13. Mampu Mengobati Terjadinya Pembengkakan dan Radang

Masalah peradangan maupun pembengkakan pada tubuh manusia bisa diatasi dengan ramuan daun sirsak. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan mengoleskan tumbukan daun sirsak yang sudah halus tepat di bagian tubuh yang mengalami peradangan atau pembengkakan.

14. Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Berbagai obat-obatan kimia bisa mengobati tekanan darah tinggi, akan tetapi jika ingin menggunakan obat lainnya terutama herbal, anda bisa menggunakan daun sirsak sebagai penggantinya. Apalagi kalau anda menggunakan obat-obatan kimia, maka besar kemungkinan ada efek sampingnya yang tentu itu kurang baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, dengan meminum obat-obatan herbal yang berasal dari air rebusan daun sirsak maka ini bisa menjadi solusi terbaik yang tentunya tidak berefek samping bagi kesehatan.

16. Mampu Memperlancar Proses Pencernaan

Bagi anda yang mengalami masalah pencernaan seperti sembeli dan lain sebagainya, anda bisa memakai air rebusan daun sirsak agar buang air besar menjadi lancar. Daun sirsak disamping bisa memperlancar proses pencernaan, kelebihan lainnya dari daun ini juga bisa untuk meningkatkan nafsu makan. 

16. Mampu Mengobati Penyakit Bisul

Penyakit bisul yang sangat tidak mengenakkan itu bisa diobat dengan menggunakan daun sirsak. Cara pemakaiannya yaitu dengan memblender beberapa lembar daun sirsak yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Lalu sesudah itu tinggal membalurkannya ke bagian tubuh yang terkena bisul tersebut.

17. Mampu Menyehatkan Jantung

Khasiat daun sirsak juga memiliki kandungan yang bisa membuat jantung anda menjadi sehat. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan sering mengkonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin setiap hari.

18. Mampu Menjadi Penghambat Tumbuhnya Bakteri

Kandungan yang luar biasa yang terdapat pada daun sirsak bisa dimanfaatkan untuk menghambat tumbuhnya bakteri yang sangat membahayakan bagi tubuh anda. Oleh sebab itulah, tidak mengherankan jika daun ini tidak jarang dipakai untuk dijadikan salah satu bahan obat anti bakterial.

19. Mampu Menurunkan Kolesterol Jahat di Dalam Tubuh

Kolesterol jahat yang ada di dalam darah manusia sangatlah berbahaya. Oleh karena itu sangatlah penting bagi anda untuk bisa menurunkannya agar hal ini tidak membahayakan hidup anda. Dengan memanfaatkan daun sirsak, maka bisa membantu menurunkan kolesterol jahat tersebut. Untuk informasi, adanya kolesterol jahat tersebut ternyata bisa mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit yang kronis baik itu penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke dan lain sebagainya.

20. Mampu Meningkatkan Produksi ASI

Bagi ibu-ibu yang sedang menyusui, daun sirsak sangat bermanfaat sebab mengandung nutrisi alami yang sangat baik. Oleh sebab itu daun ini bisa sangat membantu untuk meningkatkan produksi ASI.

21. Mampu Meredakan Rasa Pusing di Kepala

Selanjutnya manfaat lain dari daun sirsak adalah kemampuannya untuk menghilangkan rasa pusing yang disebabkan stress yang berlebihan. Hal tersebut dikarenakan daun sirsak mampu menjaga saraf-saraf agar tetap sehat terutama pada saraf otak supaya senantiasa kuat dan stabil.

22. Mampu Mencegah Penuaan Dini

Bagi anda yang ingin senantiasa terlihat awet mudah, anda bisa mengkonsumsi daun sirsak. Ternyata daun sirsak mempunyai kandungan yang mampu meminimalisir timbulnya kerutan-kerutan dan juga keriput dengan alami. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan membalirkan daun sirsak yang sudah dihaluskan terlebih dahulu ke bagian wajah anda.

23. Bisa Untuk Meningkatkan Kesuburan

Ini akan menjadi salah satu solusi bagi anda yang belum mendapatkan keturunan. Dengan mengkonsumi air rebusan daun sirsak dipercaya bisa meningkatkan produksi sperma anda. Itu jika anda seorang laki-laki. Namun jika anda seorang wanita, maka ekstrak daun sirsak bisa semakin memperkuat rahim anda.

24. Bisa Untuk Mengobati Wasir

Selanjutnya manfaat daun sirsak adalah untuk mengobati penyakit wasir. Kandungan yang terdapat di dalam daun sirsak bisa menghentikan terjadinya pendarahan di daerah anus dan akan membuat otot sekitarnya menjadi lebih rileks.

25. Bisa Untuk Mengatasi Masalah Jerawat

Bagi orang yang bermasalah dengan muka yang berjerawat, maka daun sirsak bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Caranya hanya dengan menghaluskan daun sirsak dan oleskanlah di bagian muka yang berjerawat tadi.

26. Mampu Mengobati Radang Ginjal

Daun sirsak yang mengandung antioksidan dipercaya bisa untuk mengobati penyakit radang ginjal. Disamping dipakai untuk pengobatan radang ginjal, ternyata daun sirsak juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal.

27. Mampu Mengobati Sakit Paru-Paru

Manfaat berikutnya dari daun sirsak adalah untuk dijadikan sebagai obat sakit paru-paru. Penyakit paru-paru baik itu kering maupun basah bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun sirsak. Salain itu di dalam daun sirsak terkandung antibakterial yang mampu menjaga kesehatan paru-paru.

28. Mampu Mempercepat Penyembuhan Penyakit Malaria

Penyakit malaria yang berbahaya itu bisa disembuhkan dengan memanfaatkan khasiat dari daun sirsak. Kandungan yang terdapat di dalam daun sirsak bisa dipakai untuk membunuh virus penyebab penyakit malaria.

29. Mampu Mengatasi Masalah Keputihan

Bagi para wanita tidak usah kawatir, karena sekarang sudah ada obat herbal yang mampu mengatasi keputihan yaitu daun sirsak. Hal ini diyakini oleh para ahli sebab daun sirsak itu mampu membunuh bakteri yang menyebabkan keputihan.

30. Bisa Untuk Pengobatan Penyakit Kista

Selanjutnya manfaat dari daun sirsak adalah mampu mengobati penyakit kista. Daun sirsak itu mengandung nutrisi yang bisa menghambat proses pertumbuhan kista pada tubuh manusia.

31. Mengobati Penyakit Kanker

Penyakit kanker yang mengerikan dan mematikan itu bisa diobati dengan daun sirsak. Para ahli sudah banyak melakukan penelitian terhadap daun sirsak. Bahkan dinyatakan bahwa daun sirsak jauh lebih efektif dan lebih cepat bila dibandingkan dengan kemoterapi. Bukankah anda akan banyak mengeluarkan biaya jika anda melakukan kemoterapi? Oleh karenanya agar biaaya lebih murah dan aman maka gunakanlah daun sirsak sebagai solusi terbaik. Dari hasil penelitian, daun sirsak mengandung bahan aktif 10.000 kali lebih baik dan lebih kuat untuk melawan kanker dibandingkan dengan kemoterapi.Berbagai jenis kanker bisa diobati dengan menggunakan daun sirsak seperti kanker payudara, prostat dan juga paru-paru.

Demikianlah artikel kita tentang Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Yang Jarang Diketahui Orang. Semoga bermanfaat dan bisa kita jadikan alternatif sebagai obat yang ampuh. Sampai bertemu lagi pada artikel-artikel bermanfaat yang lainnya.
mbat sel kanker serta bisa juga menyembuhkan penyakit kanker itu sendiri.


EmoticonEmoticon