5 Tips Untuk Memilih Seprai Yang Paling Nyaman Untuk Tidur

Banyak orang yang lebih mengutamakan harga yang lebih murah disaat membeli seprai tanpa lebih dulu memperhatikan bagus tidaknya kualitas barang tersebut. Padahal seperti yang kita tahu, seprai merupakan satu diantara beberapa faktor yang penting dalam usaha menjaga kualitas tidur seseorang.

image by : pixabay.com

Banyak orang yang lebih mengutamakan harga yang lebih murah disaat membeli seprai tanpa lebih dulu memperhatikan bagus tidaknya kualitas barang tersebut. Padahal seperti yang kita tahu, seprai merupakan satu diantara beberapa faktor yang penting dalam usaha menjaga kualitas tidur seseorang.
Tidur yang berkualitas dan baik tidak sekedar meluaangkan waktu sekitar 6 sampai 8 jam pada malam hari. Salah dalam memilih seprai bisa menjadi pengganggu untuk kualitas tidur anda.

Berikut ini akan disajikan 5 tips untuk memilih sprai yang tepat dan pas.

1. Sesuaikan terlebih dahulu antara seprai dan tempat tidur


Pilihlah seprai yang cocok dan sesuai dengan ukuran tempat tidur anda. Pada umumnya ukuran tempat tidur itu terbagi jadi enam tipe yaitu single (100x200 centimeter), Super Single (120x200 centimeter), Double (140x200 centimeter), Queen (160x200 centimeter) King (180x200 centimeter) dan Super King (200x200 centimeter). Perlu anda perhatikan bahwasanya menghitung ukuran seprai bukanlah sekedar menghitung panjang x lebar, namun juga memperhatikan tinggi dari kasur. Ukuran seprai yang tidak sesuai akan menjadikan kasur cepat berantakan. Hal inilah yang secara tidak langsung bisa mempengaruhi kualitas dari tidur anda. Tidur anda pun jadi kurang nyaman. Bukan tidak mungkin anda bisa terbangun pada tengah malam sebab rishi dengan seprai yang terlepas dari ujungnya.

Baca Juga :
4 Cara Ini Memastikan Kasur Anda Tetap Nyaman
5 Tips Berikut Bisa Menjadikan Rumah Anda Bersih Kurang Dari 1 Jam 

2. Pilih Bahan Yang Paling Nyaman

Anda jangan hanya mengutamakan motif seprai yang cantik dan harga yang murah, akan tetapi perhatikan juga material seprai sebelum anda membeli. Ada banyak seprai dengan bermacam material beredar di pasaran seperti rayon, sutra, katun, polyster dan sebagainya. Sebaiknya pilih bahan seprai yang tidak panas, tidak mudah lecek, bertekstur lembut, serta mudah untuk dicuci. Bahan dari katun merupakan salah satu bahan sprai yang paling baik kualitasnya. Bahan dari katun biasanya sejuk, gampang menyerap keringat dan juga awet. Untuk memilih bahan yang bagus, biasakan untuk menyentuhnya lebih dulu.

3. Mencari Referensi

Untuk memperoleh seprai yang berkualitas, anda dapat mencari rekomendasi dari teman-teman atau saudara anda. Pilih penjual yang mempunyai reputasi baik dan testimoni baik dari banyaknya orang yang pernah memakainya.

4. Hindari Warna-Warna Yang Luntur

Seprai adalah barang dengan kuantitas yang besar. Sehingga perlu untuk perawatan khusus. Hindari memilih seprai yang memiliki warna yang mudah luntur. Untuk dapat mengetahuinya, cobalah anda sentuh seprai tersebut. Kalau warnanya menempel di jari, kemungkinan besar seprai tersebut mudah luntur. Untuk terhindar dari kelunturan, pisahkan cucian seprai di tempat tersendiri.

5. Motif dan Warna

Pilihlah motif dan warna seprai yang sesuai dengan karakter anda atau konsep dan tema kamar anda. Jangan memakai motif yang berlebihan dan terlalu rumit. Kalau anda tidak suka dengan segala sesuatu yang menyolok, maka jangan menggunakan warna-warna yang terang. Yang terpenting adalah mengutamakan kenyamanan diatas sebuah tampilan.

Sumber : Rumah.Com


EmoticonEmoticon