Inilah Cara Memandikan Kucing Di Rumah Beserta Tips-Tipsnya

Kegiatan mandi adalah salah satu aktivitas yang harus dilakukan agar badan senantiasa bersih dan terbebas dari kuman. Seperti halnya manusia, seekor kucing juga perlu untuk membersihkan dirinya dari berbagai kotoran yang menempel padanya. Selain berfungsi untuk membersihkan, mandi juga dapat membuat bulu si kucing jadi lebih bagus, namun untuk mendapatkan bulu yang bagus tersebut tentunya harus memandikannya dengan benar. 


Pada umumnya, kucing itu membersihkan dirinya hanya dengan  menjilati bulu-bulunya saja. Namun cara tersebut tentunya tidak bisa membersihkan dengan baik sebab kutu, jamur, kotoran dan juga bakteri tidak akan hilang sehingga kesehatan kucing bisa terganggu. Untuk memandikan kucing sendiri sebenarnya tidak begitu sulit. Namun, terdapat beberapa kendala sedikit yang biasa dihadapi dalam memandikan si kucing antara lain kucing takut dengan air, kucing berontak, bahkan sampai dengan mencakar kita.

Baca Juga :
6 Tips Sederhana Bagi Para Pemancing Pemula
Akhir-Akhir Ini Saya Sudah Bosan Nonton Sepakbola

Disini saya akan memberi tahu kepada anda bagaimana sih cara yang benar dalam memandikan kucing. Tips ini saya ambil dari Kucingpedia.com yang memiliki panduan lengkap mengenai tips memandikan kucing kesayangan. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana caranya mulai dari persiapannya, langkah-langkahnya sampai dengan tips memandikan kucing. Sebagai catatan, tips ini hanya dikhususkan bagi kucing yang usianya lebih dari 3 bulan, bahkan bukan untuk anak kucing yang baru dilahirkan.

# CARA MEMANDIKAN KUCING DI RUMAH

Sebelum kita memandikan kucing, yang perlu kita siapkan adalah alat-alatnya, seperti yang diterangkan dibawah ini.

Segi Persiapan Yang Wajib Anda Lakukan :

•    Ember yang sudah diisi air hangat
•    Shampo khusus kucing
•    Bedak khusus kucing
•    Sisir
•    Handuk
•    Blower
•    Cottonbuds
•    Handuk Yang Lembut

Opsional :

•    Baby Oil
•    Bedak khusus bayi (alternatif dari bedak)
•    Kanebo (alternatif dari handuk)

5 LANGKAH DALAM MEMANDIKAN KUCING

Langkah Pertama : Membasahi Seluruh Tubuh Kucing

Pertama-tama anda basahi terlebih dahulu seluruh bagian tubuh dari kucing. Gunakanlah air hangat yang sudah dipersiapkan tadi. Siram kel seluruh bagian hingga merata sampai dengan kulit-kulitnya. Usahakan jangan sampai telinga kucing kemasukan air.

Langkah Kedua : Mulailah Memakai Shampo

Setelah tubuhnya dibasahi, sekarang kita memakai shampo khusus kucing yang telah dipersiapkan sebelumnya. Keramasilah kucing menggunakan shampo tadi sampai merata ke seluruh bagian tubuhnya. Namun ingat disini, jangan sampai mengenai mata, lubang hidung dan juga mulut kucing kesanyangan anda. Agar lebih nyaman, anda bisa sambil mengusap-usap tubuh kucing, kemudian memijatnya agar shampo yang anda berikan bisa merata dan meresap ke sekujur tubuh.

Langkah Ketiga : Membilas

Setelah langkah kedua ini anda lakukan dengan baik, jangan lupa dibilas agar shampo dan kotoran yang ada pada tubuh kucing hilang. Terapkanlah dengan menggunakan air hangat tadi, lalu pastikan shampo tidak ada yang bersisa di tubuh si manis.

Langkah Keempat : Mengeringkan

Kemudian keringkannlah kucing anda menggunakan handuk yang lembut namun yang bersih ya. Gosoklah seluruh bagian tubuh kucing secara perlahan-lahan memakai handuk tadi. Lakukanlah cara yang keempat ini sampai kucing anda mengering sendiri. Disamping memakai handuk, anda juga wajib memakai blower. Apakah menggunakan hair dryer dibolehkan? Boleh, tapi tidak sedikit kucing yang tidak menyukainya. Menggunakan blower ini lebih gampang dan lebih cepat kering bila dibandingkan dengan memakai handuk.

Langkah Kelima : Bersihkanlah Telinga Kucing

Setelah kucing dimandikan, sempurnakanlah dengan membersihkan bagian telinga kucing memakai cottonbuds yang dipadukan dengan baby oil. Caranya tidak sulit, lakukanlah layaknya membersihkan telinga anda sendiri, secara perlahan agar si kucing tidak kesakitan.

# TIPS DALAM MEMANDIKAN KUCING

1. Potonglah Kuku Kucing

Anda sebisa mungkin memotong kuku kucing kesayangan anda sebelum memandikannya. Ini bertujuan agar meminimalisir luka yang bisa saja anda alami jika kemungkinan kucing akan mengamuk dan mencakar anda. Akan tetapi, anda jangan memotong kuku terlalu dalam sebab fungsi dari kuku kucing sebagai pertahanan diri.

2. Sikatlah Agar Shampo Bisa Merata

Disaat mulai memandikan kucing menggunakan shampo, anda bisa memakai sikat yang didesain khusus untuk meratakannya. Gosoklah dengan perlahan menggunakan sikat tadi dan tetap berhati-hati. Hal ini bertujuan agar bulu si kucing yang rontok dan juga menggumpal dapat dikeluarkan.

3. Ketahuilah Waktu Yang Tepat

Lalu, kapan ya waktu yang pas untuk mulai memandikan kucing anda? Hal ini sebenarnya tergantung anda, jika kucing anda sudah terlihat sangat kotor atau banyak kutunya maka lebih baik segera anda mandikan. Namun secara umum, memandikan kucing seminggu satu kali berfungsi untuk menjaga kebersihannya, kesehatan dan juga kecantikan kucing kesayangan anda.

Dari cara yang sudah diterapkan diatas, anda bisa mengambil kesimpulan bahwa memandikan kucing sebenarnya tidaklah sesulit yang telah kita bayangkan. Yang anda butuhkan hanyalah ketelatenan, berani dan juga kesabaran. Semoga saja anda bisa cepat mahir di dalam memandikan kucing menggunakan teknik-teknik yang baik dan benar.


EmoticonEmoticon