4 Alasan Kenapa Bayi Memerlukan Pelukan Ibu dan Ayah

Pelukan tidak hanya sebuah perwujudan dari rasa kasih sayang, namun lebih dari itu, pelukan itu mengandung banyak sekali manfaat positif terutama bagi perkembangan fisik dan psikologi si buah hati. Bila anda masih mempunyai seorang bayi, jangan pernah ragu-ragu untuk memberinya pelukan dengan rasa yang tulus. 

Image by : pixabay.com

Pasalnya, sang bayi yang sering dipeluk oleh orang tuanya akan berpeluang besar untuk tumbuh jadi manusia dewasa dengan karakter yang positif. Baiklah, agar lebih jelas di artikel kali ini akan disajikan beberapa manfaat dari pelukan yang bisa mengoptimalkan proses pertumbuhan dan perkembangan si kecil, antara lain :

1. Bisa Menumbuhkan Karakter Yang Supel dan Hangat

Di dalam sebuah buku yang berjudul Touch : The Science of Hand, Heart, and Mind, si penulis yang bernama Johns Hopkins dan seorang pakar syarat otak bernama David Linden memberikan sebuah penjelasan bahwa sentuhan Ibu dan Ayah pada bayinya bisa menciptakan hubungan yang emosional dan positif.

Baca Juga :
Tahukah Anda Kenapa Bayi Sering Rewel Saat Tidur?
Memberikan Madu Pada Bayi Dibawah Umur 1 Tahun Dilarang, Kenapa?

‘’Sentuhan inftrpesonal tidak cuma baik bagi pertumbuhan anak pada usia dini sebab manfaat positifnya akan terus berlanjut di dalam kehidupan sosial manusia. Disamping itu, anak yang sering mendapatkan pelukan dari Ibu dan Ayahnya akan mempunyai karakter yang hangat, gampang dipercaya, dan luwes di dalam bekerjasama dengan orang lain,’’ jelas Linden.

2. Bisa Menumbuhkan Sifat Yang Tenang

Menangis itu adalah sebuah terapi yang sangat baik untuk anak dan juga manusia dewasa pada umumnya. Kenapa demikian? Karena dengan menangis maka hati yang tadinya merasa tertekan akan menjadi lega. Seorang psikolog bernama Aletha Solter memberikan pejelasan bahwa manfaat dari memeluk bayi disaat sedang menangis akan mengajarkan bayi untuk bisa menenangkan diri disaat emosionalnya tengah memuncak.

Cara ini diyakin bisa berdampak baik pada si bayi khususnya setelah ia dewasa nanti. Solter menegaskan bahwa pelukan dari kedua orang tuah disaat bayi sedang menangis akan membentuk karakter yang tenang dan dapat menenangkan orang lain.

3. Anak Yang Tumbuh Nanti Tidak Akan Jadi Anak Yang Manja

Cara yang tepat yang harus dilakukan disaat melihat anak menangis, maka rasa percaya anak kepada orangtuanya pun akan terpupuk dengan baik. Berdasarkan studi, seorang bayi yang jarang memperoleh pelukan disaat sedang menangis, akan tumbuh jadi anak yang banyak menuntut dan rentan terhadap frustasi.

4. Bisa Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Bayi

Menurut Solter, kasih saya Ibu dan Ayah yang dituangkan melalui pelukan dan sentuhan akan membuat membuat bayi merasa mendapatkan perlindungan. Hal tersebut tentunya sangat baik bagi perkembangan rasa percaya diri pada anak.

Sumber : kompas.com


EmoticonEmoticon