Diet Dengan Jus Buah Tidak Disarankan Oleh Ahli Kesehatan

Assalamu’alaikum. Halo sahabat sekalian, apa kabarnya kalian hari ini? Semoga baik-baik saja ya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel menarik dengan tema “Diet Dengan Jus Buah Tidak Disarankan Oleh Ahli Kesehatan”. Tema ini saya ambil karena beberapa tahun terakhir ini tren diet dengan jus buah sudah mulai diterapkan oleh sebagian orang. Namun apakah diet dengan cara ini efektif? Dan apakah diet bagus bagi kesehatan. Nah, disinilah kita akan membahasnya poin demi poin.


Memang benar jus buah itu banyak manfaatnya. Ada sebuah penelitian terhadap menfaat dari minum segelas jus buah. Ternyata kebiasaan minum jus buah telah menjadikan kebiasaan hidup orang yang meminumnya menjadi berubah. Kita bisa ambil contoh, dahulu minum jus buah itu kita kenal sebagai suatu kebiasaan yang menyehatkan. Namun sekarang ini para ahli kesehatan menilai bahwa minum jus itu jangan berlebihan, sebaiknya jangan mengkonsumsi lebih dari satu gelas.

Disamping buahnya mengandung gula yang tinggi, masyarakat Indonesia yang terbiasa minum jus yang ditambahkan dengan gula bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes pada usia dewasa. Bahkan seorang ahli kesehatan di Inggris menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus buah saat diet bisa menjadi bom waktu yang bisa meledak kapanpun. Dalam artian, remaja yang usianya antara 11 – 19 tahun jika mengkonsumsi jus buah, maka sebenarnya dia telah mengkonsumsi sebanyak 42 persen gula lebih banyak dari apa yang telah direkomendasikan.

Disisi lain seorang pria dewasa yang terlalu sering mengkonsumsi jus buah, maka dia akan berisiko terserang penyakit stroke dan diabetes. Informasi ini berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh National Diet and Nutrition Survey. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan menyebutkan bahwa anak yang usianya 10 tahun kebawah kebanyakan sudah melebihi batas dari harian gula yang direkomendasikan yaitu sekitar 34 persen. Sereal bar, kue, biskuit, minuman ringan, jus buah dan gula merupakan sumber utamanya.

Dari hasil survei yang melibatkan sekitar 4.000 orang dewasa dan anak-anak antara tahun 2008 sampai 2012 ini telah menjelaskan bahwa sebanyak 48 persen dari pihak laki-laki dan perempuan mempunyai tingkat kolesterol yang tinggi dan menjadikan mereka beresiko terkena serangan penyakit stroke dan jantung. Seorang bernama Simon Gillespie yang merupakan Chief Executive dari British Heart Foundation mengatakan bahwa studi ini menggambarkan bahwa anak-anak sudah mulai mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat.   

‘’Resiko besar terserang penyakit jantung koroner mengintai mereka, begitu juga dengan diabetes tipe 2 dan obesitas bisa menimpa kapan saja. Namun sayang, cara untuk memecahkan masalah ini belum ada. Baik orangtua, sekolah, pengecer makanan, restoran serta industri makanan semuanya mempunyai andil di dalamnya,” ungkap Simon. Di lain pihak, Dr. Ian Cambell dari National Obesity Forum mengatakan bahwa mengatur industri makanan itu perlu untuk bisa membuat pilihan yang mudah dan sehat serta lebih murah dan lebih menarik.

Sedangkan menurut salah seorang ahli gizi dari Inggris, Dr. Alison Tedstone mengatakan bahwa jus buah adalah pilihan terbaik untuk bisa sehat seperti yang sudah direkomendasikan oleh ahli kesehatan untuk mengonsumsi sebanyak lima buah setiap harinya. Namun disisi lain dia juga memperingatkan agar minum jus buah sebaiknya hanya dilakukan sekali dalam sehari karena memang kandungan gulanya sangat tinggi. Sebelum obesitas dianggap sebagai sebuah penyakit, WHO sebagai organisasi kesehatan dunia mendesak dunia untuk mengurangi asupan gula seperti apa yang telah direkomendasikan yaitu antara setengah sampai dengan lima sendok teh setiap harinya.

Sekian dulu artikel ini saya buat dengan judul “Diet Dengan Jus Buah Tidak Disarankan Oleh Ahli Kesehatan”. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang jus buah. Saya mengucapkan banyak terima kasih karena anda telah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini. Wassalamu’alaikum.


EmoticonEmoticon