5 Tips Ini Bisa Menyiasati Ruangan Anda Yang Terlalu Terang

Cahaya Matahari yang masuk ke ruangan anta tentunya sehat. Itu karena sinar matahari ini bisa membunuh bakteri-bakteri yang banyak tersebar di dalam ruangan serta bisa mencegah timbulnya jamur. Akan tetapi, sinar Matahari harus dibatasi intensitasnya saat masuk ke ruangan karena justru akan menggangu jika intensitasnya terlalu besar. Bila memang anda sengaja memakai jendela dengan kaca yang besar, namun ternyata sinar Matahari yang masuk kedalamnya terlalu besar dan menyilaukan, khususnya bila sinar Matahari tersebut menyinari saat sore hari tiba.


Akibatnya tidak cuma menyilaukan mata, namun kondisi ini bisa membuat kondisi ruangan di dalam rumah menjadi lebih hangat bahkan jadi panas. Makanya, jika ruangan kamar anda mengalami hal semacam itu, maka lakukanlah tips berikut ini yang dirangkum dari Rumah.com agar anda bisa terhindar dari sinar Matahari yang terlalu terik.

Baca Juga :
9 Hal Ini Merupakan Tanda Bahwa Anda Harus Segera Mengajukan KPR
5 Tips Agar DP Rumah Cepat Terkumpul 

1. Gunakan Kerai

Dalam hal ini anda bisa menggunakan kerai yang terbuat dari bahan bambu ataupun kayu. Hal ini disesuaikan dengan masing-masing selera karena mamang selera orang pasti beda-beda. Pada waktu sinar Matahari sangat terik, maka disitulah fungsi dari kerai tersebut. Namun perlu diingat disini, walaupun anda sudah menutupnya, sinar Matahari akan tetap masuk dari celah-celah kerai anda. Penting untuk dicatat, anda sebaiknya memilih kerai yang stylish. Apa maksudnya, maksudnya adalah kerai kayu yang susunannya rapi dan memakai warna yang cerah.

2. Pakailah Cat Dinding Menggunakan Warna Selain Putih

Sebaiknya warna yang anda pilih untuk mengecat dinding anda jangan seluruhnya putih, sebab warna putih tersebut malah merefleksikan cahaya. Anda bisa menggunakan warna yang berbeda untuk dinding, contohnya disalah satu sisi warnanya biru laut, dan disisi lain berwarna lain, ataupun bisa menggunakan wallpaper. Jangan menggunakan warna yang cenderung gelap, seperti warna ungu dan warna hitam. Sebab kedua warna ini malah menyerap panas, sehingga biarpun dimata anda akan terasa lebih sejuk, namun warna ini bisa mebuat ruangan terasa lebih panas atau gerah.

3. Gunakan Tanaman Yang Merambat di Dinding Kamar

Jenis tanaman yang merambat bisa melapisi dinding sehingga dapat mencegah langsung sinar matahari masuk ke kamar anda. Periksalah kondisi tanaman tersebut setiap dua minggu sekali agar dapat mencegah akarnya merusak dinding pada rumah anda.

4. Gunakan Kipas Angin Pada Siang Hari dan Jangan Menyalakan AC

Kompresor AC akan bekerja lebih keras jika terpapar oleh panas Matahari, hal ini akan berakibat pada listrik yang menjadi lebih boros sekaligus membuat AC tidak awet. Anda bisa membuka sedikit jendela anda kemudian nyalakan kipas angin untuk menghilangkan hawa panas dan mengeluarkannya dari dalam kamar anda.

5. Pilihlah Satu Jendela Saja Yang Tirainya Sedang Terbuka

Cara ini bisa memudahkan sinar Matahari menyinari ruangan anda, sedangkan jendela-jendela lainnya bisa ditutup dengan tirai yang lebih tipis. Bila cahaya yang berada di dalam rumah begitu menyilaukan, nantinya mata anda bisa cepat lelah sehingga anda akan susah untuk berkonsentrasi.


EmoticonEmoticon